PENGARUH PROMOSI, HARGA, KUALITAS PRODUK DAN GAYA HIDUP TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN SKINCARE OLEH PRIA DI KOTA LANGSA
DOI:
https://doi.org/10.24114/niaga.v12i3.48771Keywords:
Promosi, Harga, Kualitas Produk, Gaya Hidup, Keputusan PembelianAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Promosi, Harga, Kualitas Produk, dan Gaya Hidup terhadap Keputusan Pembelian Skincare oleh pria di Kota Langsa. Populasi dalam penelitian ini adalah masyarakat umum pria di Kota Langsa yang sudah menggunakan skincare. Teknik penentuan sampel pada penelitian ini menggunakan teknik non probability sampling dengan metode purposive sampling dengan kriteria sudah menggunakan produk skincare pria yang berusia antara 17 “ 35 tahun. Penelitian ini menggunakan metode analisis dasar menggunakan regresi linier berganda, uji t, uji F dan uji koefisien determinasi (Adjusted R2). Hasil uji validitas pada kuesioner variable promosi, harga, kualitas produk dan gaya hidup kesemuanya dinyatakan valid. Hasil reabilitas dapat disimpulkan bahwa seluruh variabel yang digunakan dalam penelitian ini dinyatakan reliabel. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa hasil uji t menunjukkan bahwa variabel promosi (X1), harga (X2) , kualitas produk (X3), dan gaya hidup (X4) secara parsial berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian skincare oleh pria di Kota Langsa. Hasil uji F menunjukkan bahwa promosi (X1), harga (X2), kualitas produk (X3), dan gaya hidup (X4) secara simultan berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian skincare oleh pria di Kota Langsa.References
Alma, Buchari, 2016 Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa. Bandung. Alfabeta
Dhani, M. J. P., & Agustin, S. (2022). Pengaruh Gaya Hidup, Kualitas Produk, Promosi, dan Citra Merek terhadap Keputusan Pembelian pada Ms Glow For Men (JIRM), 11(6).
Gitosudarmo. 2014. Manajemen Operasi. Yogyakarta. BPFE Yogyakarta.
Ghozali, Imam. 2016. Aplikasi Analisis Multivariete Dengan Program IBM SPSS 23 (Edisi 8). Cetakan ke VIII. Semarang : Badan Penerbit Universitas Diponegoro.
Ghozali, I. (2017). Model Persamaan Struktural Konsep Dan Aplikasi Program AMOS 24. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro
Ghozali, Imam. 2018. Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS 25. Badan Penerbit Universitas Diponegoro: Semarang
Kaharu, D., & Budiarti, A. (2016). Pengaruh Gaya Hidup, Promosi, Dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Pada Cosmic. Jurnal Ilmu Dan Riset Manajemen (JIRM), 5(3).
Kotler, Philip & Gerry Armstrong, (2014): Principle Of Marketing, 15th edition. New Jersey: Pearson Pretice Hall.
Kotler, Phillip dan Kevin Lane Keller.(2016). Manajemen Pemasaran edisi 12 Jilid 1 & 2.Jakarta: PT. Indeks.
Krisdayanto, I., Haryono, A. T., & Gagah, E. (2018). Analisis pengaruh harga, kualitas pelayanan, fasilitas, dan lokasi terhadap kepuasan konsumen di cafe lina putra net bandungan. Journal of Management, 4(4).
Laksana, M. F. (2019). Praktis Memahami Manajemen Pemasaran. Sukabumi: CV Al Fath Zumar.
Laksono, D. D., & Iskandar, D. A. (2018). Pengaruh gaya hidup dan pendapatan terhadap keputusan pembelian Helm Kbc. Jurnal Riset Manajemen dan Bisnis (JRMB) Fakultas Ekonomi UNIAT, 3(2), 145-154.
Malau, Harman. 2017. Manajemen Pemasaran. Bandung : Alfabeta.
Nurhayati, S. (2017). Pengaruh citra merek, harga dan promosi terhadap keputusan pembelian handphone samsung di yogyakarta. Jurnal Bisnis, Manajemen, dan Akuntansi, 4(2).
Sejati, B. S. A., & Yahya, Y. (2016). Pengaruh kualitas produk, kualitas pelayanan, dan harga terhadap keputusan pembelian pada starbucks. Jurnal Ilmu dan Riset Manajemen (JIRM), 5(3).
Sopiah & Sangadji, Etta Mamang. (2016). Salesmanship (Kepenjualan). Jakarta: PT Bumi Aksara
Sudaryono. 2016. Manajemen Pemasaran Teori Dan Implementasi. Yogyakarta: ANDI
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta
Sukmawati, D. A. R., Mathori, M., & Marzuki, A. (2022). Pengaruh Promosi, Harga, dan kualitas produk terhadap keputusan pembelian produk skincare Somethinc:(Studi pada Konsumen di Daerah Istimewa Yogyakarta). Jurnal Riset Akuntansi dan Bisnis Indonesia, 2(2), 579-599.
Sumarwan. 2014. Perilaku Konsumen Teori dan Penerapannya dalam Pemasaran, Ghalia Indonesia. Bogor.
Sunyoto. 2015. Manajemen dan Pengembangan Sumber Daya Manusia. Yogyakarta: Center for Academic Publishing Service.
Tjiptono. 2015. Strategi Pemasaran, Edisi 4, Andi Offset, Yogyakarta
Wijaya. (2018), Manajemen Kualitas Jasa, Edisi Kedua, Jakarta: PT.Indeks
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors who publish in this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication, with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share and adapt the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors can enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work, with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online before and during the submission process, as it can lead to productive exchanges and earlier and greater citation of published work. Where authors include such work in an institutional repository or on their website, we request that they include a statement acknowledging the Jurnal Perspektif Pembiayaan dan Pembangunan Daerah, including the name of the journal, the volume number, and a web link to the journal item.
- Authors should be aware that the Creative Commons Attribution 4.0 International License (CC BY 4.0) permits readers to share (copy and redistribute the work in any medium or format) and adapt (remix, transform, and build upon the work) for any purpose, even commercially, provided they also give appropriate credit to the work, provide a link to the license, and indicate if changes were made. They may do these things reasonably but not in any way that suggests the author or the publisher endorses their use.
NIAGAWAN by Program Studi Pendidikan Bisnis Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Medan is licensed under CC BY-NC 4.0