PENGARUH PROMOSI, HARGA, KUALITAS PRODUK DAN GAYA HIDUP TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN SKINCARE OLEH PRIA DI KOTA LANGSA

Authors

  • Maulana Rahman Universitas Samudra
  • Rahmi Meutia Universitas Samudra
  • Varika Eka Universitas Samudra

DOI:

https://doi.org/10.24114/niaga.v12i3.48771

Keywords:

Promosi, Harga, Kualitas Produk, Gaya Hidup, Keputusan Pembelian

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Promosi, Harga, Kualitas  Produk, dan Gaya Hidup terhadap Keputusan Pembelian Skincare oleh pria di  Kota Langsa. Populasi dalam penelitian ini adalah masyarakat umum pria di  Kota Langsa yang sudah menggunakan skincare. Teknik penentuan sampel pada  penelitian ini menggunakan teknik non probability sampling dengan metode purposive sampling dengan kriteria sudah menggunakan produk skincare pria yang berusia antara 17 “ 35 tahun. Penelitian ini menggunakan metode analisis dasar menggunakan regresi linier  berganda, uji t, uji F dan uji koefisien determinasi (Adjusted R2). Hasil uji validitas pada kuesioner variable promosi, harga, kualitas produk dan gaya hidup kesemuanya dinyatakan valid. Hasil reabilitas dapat disimpulkan bahwa  seluruh variabel yang digunakan dalam penelitian ini dinyatakan reliabel. Hasil penelitian  ini menunjukkan bahwa hasil uji t menunjukkan bahwa variabel promosi (X1), harga (X2) , kualitas  produk (X3), dan gaya hidup (X4) secara parsial berpengaruh signifikan terhadap keputusan  pembelian skincare oleh pria di Kota Langsa. Hasil uji F menunjukkan bahwa promosi (X1), harga (X2), kualitas produk (X3),  dan gaya hidup (X4) secara simultan berpengaruh signifikan terhadap  keputusan pembelian skincare oleh pria di Kota Langsa.

References

Alma, Buchari, 2016 Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa. Bandung. Alfabeta

Dhani, M. J. P., & Agustin, S. (2022). Pengaruh Gaya Hidup, Kualitas Produk, Promosi, dan Citra Merek terhadap Keputusan Pembelian pada Ms Glow For Men (JIRM), 11(6).

Gitosudarmo. 2014. Manajemen Operasi. Yogyakarta. BPFE Yogyakarta.

Ghozali, Imam. 2016. Aplikasi Analisis Multivariete Dengan Program IBM SPSS 23 (Edisi 8). Cetakan ke VIII. Semarang : Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Ghozali, I. (2017). Model Persamaan Struktural Konsep Dan Aplikasi Program AMOS 24. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro

Ghozali, Imam. 2018. Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS 25. Badan Penerbit Universitas Diponegoro: Semarang

Kaharu, D., & Budiarti, A. (2016). Pengaruh Gaya Hidup, Promosi, Dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Pada Cosmic. Jurnal Ilmu Dan Riset Manajemen (JIRM), 5(3).

Kotler, Philip & Gerry Armstrong, (2014): Principle Of Marketing, 15th edition. New Jersey: Pearson Pretice Hall.

Kotler, Phillip dan Kevin Lane Keller.(2016). Manajemen Pemasaran edisi 12 Jilid 1 & 2.Jakarta: PT. Indeks.

Krisdayanto, I., Haryono, A. T., & Gagah, E. (2018). Analisis pengaruh harga, kualitas pelayanan, fasilitas, dan lokasi terhadap kepuasan konsumen di cafe lina putra net bandungan. Journal of Management, 4(4).

Laksana, M. F. (2019). Praktis Memahami Manajemen Pemasaran. Sukabumi: CV Al Fath Zumar.

Laksono, D. D., & Iskandar, D. A. (2018). Pengaruh gaya hidup dan pendapatan terhadap keputusan pembelian Helm Kbc. Jurnal Riset Manajemen dan Bisnis (JRMB) Fakultas Ekonomi UNIAT, 3(2), 145-154.

Malau, Harman. 2017. Manajemen Pemasaran. Bandung : Alfabeta.

Nurhayati, S. (2017). Pengaruh citra merek, harga dan promosi terhadap keputusan pembelian handphone samsung di yogyakarta. Jurnal Bisnis, Manajemen, dan Akuntansi, 4(2).

Sejati, B. S. A., & Yahya, Y. (2016). Pengaruh kualitas produk, kualitas pelayanan, dan harga terhadap keputusan pembelian pada starbucks. Jurnal Ilmu dan Riset Manajemen (JIRM), 5(3).

Sopiah & Sangadji, Etta Mamang. (2016). Salesmanship (Kepenjualan). Jakarta: PT Bumi Aksara

Sudaryono. 2016. Manajemen Pemasaran Teori Dan Implementasi. Yogyakarta: ANDI

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta

Sukmawati, D. A. R., Mathori, M., & Marzuki, A. (2022). Pengaruh Promosi, Harga, dan kualitas produk terhadap keputusan pembelian produk skincare Somethinc:(Studi pada Konsumen di Daerah Istimewa Yogyakarta). Jurnal Riset Akuntansi dan Bisnis Indonesia, 2(2), 579-599.

Sumarwan. 2014. Perilaku Konsumen Teori dan Penerapannya dalam Pemasaran, Ghalia Indonesia. Bogor.

Sunyoto. 2015. Manajemen dan Pengembangan Sumber Daya Manusia. Yogyakarta: Center for Academic Publishing Service.

Tjiptono. 2015. Strategi Pemasaran, Edisi 4, Andi Offset, Yogyakarta

Wijaya. (2018), Manajemen Kualitas Jasa, Edisi Kedua, Jakarta: PT.Indeks

Downloads

Published

2023-11-02