PENGEMBANGAN MODEL FLIPPED LEARNING BERBASIS INKUIRI PADA MATA KULIAH STUDI KELAYAKAN BISNIS
Abstract
Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang bertujuan untuk mengetahui langkah-langkah pengembangan model pembelajaran flipped learning berbasis inkuiri, mengembangkan rancangan model pembelajaran flipped learning berbasis inkuiri yang memenuhi syarat valid, praktis dan efektif. Model pengembangan yang digunakan adalah model pengembangan ADDIE dengan tahapan (1)Analysis,(2)Design,(3)Development,(4) Implementation, (5) Evaluation. Subjek penelitian adalah Mahasiswa Semester VI mata kuliah Studi Kelayakan Bisnis Program Studi Pendidikan Ekonomi. Intrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar validasi instrumen, lembar observasi keterlaksanaan model, lembar observasi pengelolaan pembelajaran dan angket respon mahasiswa. Hasil penelitian menunjukkan validitas komponen model pembelajaran yang terdiri atas sintaks, sistem sosial dan prinsip reaksi,sistem pendukung dan dampak pengiring berada pada kategori sangat valid dengan nilai rata-rata kevalidan 3,38 (sintaks); 3,73 (sistem sosial dan prinsip reaksi); 3,70 (sistem pendukung) dan 3,84 (dampak pengiring). Model pembelajaran ini sangat sesuai melatih kemandirian dan rasa tanggung jawab serta kemampuan berpikir kritis, kreatif dan inovatif bagi mahasiswa.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Damayanti, I. (2014). Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Mata Pelajaran IPA Sekolah Dasar. Jurnal Penelitian Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 2(3), 1–12.
Farida, R., Alba, A., Kurniawan, R., & Zainuddin, Z. (2019). Pengembangan Model Pembelajaran Flipped Classroom Dengan Taksonomi Bloom Pada Mata Kuliah Sistem Politik Indonesia. Kwangsan: Jurnal Teknologi Pendidikan, 7(2), 104. https://doi.org/10.31800/jtp.kw.v7n2.p104--122
Kurniawidi, M. P., Fransiska, M., & Gandi, T. (2018). Pengembangan Pembelajaran Flipped Classroom Dengan Memanfaatkan LMS Kelase Topik Menggambar Grafik Fungsi SMP Kelas VIII. Prosiding Seminar Nasional Etnomatnesia, 554–561.
Martikasari, K. (2021). Pengembangan Model Flipped Learning Pada Matakuliah Ekonomi Regional Untuk Meningkatkan Competence, Conscience Dan Jurnal Pendidikan Ekonomi Dan Akuntansi, 14(2). https://www.e- Journal.usd.ac.id/index.php/JPEA/article/view/4620%0Ahttps://www.e-journal.usd.ac.id/index.php/JPEA/article/viewFile/4620/2664
Rafiqah, A. U. D. (2021). PENGEMBANGAN MODEL PEMBELAJARAN FLIPPED LEAR NING BERBASIS INKUIRI DALAM MATA KULIAH FISIKA DASAR. Jurnal Pendidikan Fisika, 9(1), 43–68. http://journal.uin-alauddin.ac.id/indeks.php/Pendidikan Fisika
Vahlepi, S., Helty, & Tersta, F. W. (2021). Implementasi Model Pembelaaran berbasis Case Method dan Project Based Learning dalam rangka mengakomodir Higher Order Thinking Skill mahasiswa dalam Mata Kuliah Psikologi Pendidikan Bahasa Arab di Masa Pandemi. 5, 10153–10159.
DOI: https://doi.org/10.24114/niaga.v12i3.49990
Article Metrics
Abstract view : 79 timesPDF - 214 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2023 Niagawan
NIAGAWAN by Program Studi Pendidikan Bisnis Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Medan is licensed under CC BY-NC 4.0