PENGEMBANGAN MODEL FLIPPED LEARNING BERBASIS INKUIRI PADA MATA KULIAH STUDI KELAYAKAN BISNIS
DOI:
https://doi.org/10.24114/niaga.v12i3.49990Keywords:
Kreatif, Inovatif, Flipped, InkuiriAbstract
Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang bertujuan untuk mengetahui langkah-langkah pengembangan model pembelajaran flipped learning berbasis inkuiri, mengembangkan rancangan model pembelajaran flipped learning berbasis inkuiri yang memenuhi syarat valid, praktis dan efektif. Model pengembangan yang digunakan adalah model pengembangan ADDIE dengan tahapan (1)Analysis,(2)Design,(3)Development,(4) Implementation, (5) Evaluation. Subjek penelitian adalah Mahasiswa Semester VI mata kuliah Studi Kelayakan Bisnis Program Studi Pendidikan Ekonomi. Intrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar validasi instrumen, lembar observasi keterlaksanaan model, lembar observasi pengelolaan pembelajaran dan angket respon mahasiswa. Hasil penelitian menunjukkan validitas komponen model pembelajaran yang terdiri atas sintaks, sistem sosial dan prinsip reaksi,sistem pendukung dan dampak pengiring berada pada kategori sangat valid dengan nilai rata-rata kevalidan 3,38 (sintaks); 3,73 (sistem sosial dan prinsip reaksi); 3,70 (sistem pendukung) dan 3,84 (dampak pengiring). Model pembelajaran ini sangat sesuai melatih kemandirian dan rasa tanggung jawab serta kemampuan berpikir kritis, kreatif dan inovatif bagi mahasiswa.References
Damayanti, I. (2014). Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Mata Pelajaran IPA Sekolah Dasar. Jurnal Penelitian Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 2(3), 1“12.
Farida, R., Alba, A., Kurniawan, R., & Zainuddin, Z. (2019). Pengembangan Model Pembelajaran Flipped Classroom Dengan Taksonomi Bloom Pada Mata Kuliah Sistem Politik Indonesia. Kwangsan: Jurnal Teknologi Pendidikan, 7(2), 104. https://doi.org/10.31800/jtp.kw.v7n2.p104--122
Kurniawidi, M. P., Fransiska, M., & Gandi, T. (2018). Pengembangan Pembelajaran Flipped Classroom Dengan Memanfaatkan LMS Kelase Topik Menggambar Grafik Fungsi SMP Kelas VIII. Prosiding Seminar Nasional Etnomatnesia, 554“561.
Martikasari, K. (2021). Pengembangan Model Flipped Learning Pada Matakuliah Ekonomi Regional Untuk Meningkatkan Competence, Conscience Dan Jurnal Pendidikan Ekonomi Dan Akuntansi, 14(2). https://www.e- Journal.usd.ac.id/index.php/JPEA/article/view/4620%0Ahttps://www.e-journal.usd.ac.id/index.php/JPEA/article/viewFile/4620/2664
Rafiqah, A. U. D. (2021). PENGEMBANGAN MODEL PEMBELAJARAN FLIPPED LEAR NING BERBASIS INKUIRI DALAM MATA KULIAH FISIKA DASAR. Jurnal Pendidikan Fisika, 9(1), 43“68. http://journal.uin-alauddin.ac.id/indeks.php/Pendidikan Fisika
Vahlepi, S., Helty, & Tersta, F. W. (2021). Implementasi Model Pembelaaran berbasis Case Method dan Project Based Learning dalam rangka mengakomodir Higher Order Thinking Skill mahasiswa dalam Mata Kuliah Psikologi Pendidikan Bahasa Arab di Masa Pandemi. 5, 10153“10159.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors who publish in this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication, with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share and adapt the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors can enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work, with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online before and during the submission process, as it can lead to productive exchanges and earlier and greater citation of published work. Where authors include such work in an institutional repository or on their website, we request that they include a statement acknowledging the Jurnal Perspektif Pembiayaan dan Pembangunan Daerah, including the name of the journal, the volume number, and a web link to the journal item.
- Authors should be aware that the Creative Commons Attribution 4.0 International License (CC BY 4.0) permits readers to share (copy and redistribute the work in any medium or format) and adapt (remix, transform, and build upon the work) for any purpose, even commercially, provided they also give appropriate credit to the work, provide a link to the license, and indicate if changes were made. They may do these things reasonably but not in any way that suggests the author or the publisher endorses their use.
NIAGAWAN by Program Studi Pendidikan Bisnis Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Medan is licensed under CC BY-NC 4.0