KUALITAS SUMBER DAYA MANUSIA TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN GOJEK DI TANGERANG DENGAN KUALITAS PELAYANAN SEBAGAI VARIABEL MEDIASI
Abstract
Perkembangan teknologi komunikasi mendorong perubahan seluruh aspek kehidupan manusia, baik sosial, budaya, ekonomi, dan berbagai aspek lain, termasuk transportasi. Masyarakat mengalami transformasi dalam kegiatan sehari-hari, belanja secara online, berinteraksi dengan media sosial, bahkan berpergian meggunakan aplikasi online. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kualitas sumber daya manusia dan kualitas pelayanan terhadap kepuasan pelanggan ojek online gojek di Tangerang. Jenis penelitian deskriptif kuantitatif statistik menggunakan smartPls 4. Metode pengumpulan data kuesioner, wawancara, dengan jumlah sampel 100 orang. Teknik sampling non probability sampling dengan sampling kuota. Hasil penelitian menunjukan t statistic > t table dan nilai sig. > P value. Maka kualitas sumber daya manusia berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap kepuasan pelanggan. Kualitas pelayanan berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap kepuasan pelanggan Kualitas sdm berpengaruh positif dan signifikan terhadap kualitas pelayanan. Kualitas sumber daya manusia berpengaruh signifikan terhadap kepuasan pelanggan melalui kualitas pelayanan. Uji structural inner model nilai R square 0,666 artinya kualitas sumber daya manusia dan kualitas pelayanan mempengaruhi kepuasan pelanggan sebesar 66,6%., termasuk kategori pengaruh moderat.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
REFERENSI
Abdiansyah, F. (2022). PENGARUH KUALITAS SUMBER DAYA MANUSIA DAN PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN MASYARAKAT PADA DINAS PENANAMAN MODAL DAN PELAYANAN TERPADU SATU PINTU DI KABUPATEN SUMEDANG Febtado. Jurnal Ilmiah Administrasi Pemerintahan Daerah Volume XII, Edisi Spesial (1) Desember 2020, XII(1), 1–23.
Alodya Ann Gita Alfa, Dewi Rachmatin, F. A. (2017). ANALISIS PENGARUH FAKTOR KEPUTUSAN KONSUMEN DENGAN STRUCTURAL EQUATION MODELING PARTIAL LEAST SQUARE. Eurekamatika, 5(5). https://ejournal.upi.edu/index.php/JEM/article/view/9599
Aprillia, A., & Fatihah, D. C. (2021). Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen Gojek Pada Masa Pandemi Covid-19 di Kota Bandung. Jurnal Pendidikan Dan Kewirausahaan, 9(1), 242–257. https://doi.org/10.47668/pkwu.v9i1.222
Dewi, K. I. L., Yulianthini, N. N., & Telagawathi, N. L. W. S. (2019). Pengaruh Dimensi Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan Pengguna Bpjs Kesehatan Di Kota Singaraja. Manajemen, 5(2), 82–92.
Eriva, C. Y., & , Totok Rudianto, A. M. (2022). PENGARUH KUALITAS SUMBER DAYA MANUSIA DAN KUALITAS TEKNOLOGI INFORMASI TERHADAP KUALITAS PENERBITAN SURAT PERINTAH PENCAIRAN DANA (SP2D) PADA BENDAHARA UMUM DAERAH KOTA BANDA ACEH. Jurnal Ilmiah Akuntansi, 9(1). https://jurnal.politeknikaceh.ac.id/index.php/jia/article/view/120
Ferdila, M., Kasful, D., & Us, A. (2021). Analisis Dampak Transportasi Ojek Online Terhadap Pendapatan Ojek Konvensional di Kota Jambi. IJIEB: Indonesian Journal of Islamic Economics and Business, 6(2), 2021. http://e-journal.lp2m.uinjambi.ac.id/ojp/index.php/ijoieb
Intan Eviani, Y. R. H. (2021). Pengaruh Sistem Pelacakan Online dan Ketepatan Waktu Pengiriman Terhadap Kepuasan Pelanggan (Studi Kasus J&T Express Kota Baru Bekasi). Jurnal Manajemen Logistik, 1 No.1. https://ojs.stiami.ac.id/index.php/JUMATIK/article/view/1253
Masili, V., Lumanauw, B., Tielung, M. V. J., Kualitas, P., Terhadap, L., Pelanggan, L., Masili, V., Lumanauw, B., Tielung, M. V. J., Masili, V., Lumanauw, B., & Tielung, M. V. J. (2022). Vol.+10+n0+4.5+.Veronika+Masili.+OK. 10(4), 44–51.
Mathodah. (2019). PENGARUH KUALITAS PELAYANAN DRIVER OJEK ONLINE TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN PADA GOJEK AREA TANGERANG SELATAN. SCIENTIFIC JOURNAL OF REFLECTION Economic, Accounting, Management and Business, 2(3).
Meiryani. (2021). Memahami R Square (Koefisien Determinasi) Dalam Penelitian Ilmiah. Binus University Schoo of Accounting , 1.
Mutia, A. (2022, October 11). Survei: Publik Jabodetabek Paling Sering Pakai Gojek, Bagaimana Grab, Maxim, dan InDriver. Katadata Media Network. https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2022/10/11/survei-publik-jabodetabek-paling-sering-pakai-gojek-bagaimana-grab-maxim-dan-indriver
Nikin Hardati, R. (2021). PENGARUH KINERJA DRIVER DAN FASILITAS APLIKASI TERHADAP LOYALITAS MELALUI KEPUASAN PELANGGAN (Studi Kasus Gojek Kota Malang). Profit, 15(01), 74–83. https://doi.org/10.21776/ub.profit.2021.015.01.8
Rajagukguk, P., Hardani, H., & Kartawijaya, F. (2022). Persepsi Harga dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian online pada Marketplace Shopee Paska Pandemic Covid-19. Jurnal Administrasi Bisnis, 2(1), 28–34. https://doi.org/10.31294/jab.v2i1.1165
Rudianto, R. (2021). PENGARUH KUALITAS SUMBER DAYA MANUSIA DAN KINERJA KARYAWAN TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN. Jurnal Akademika, 19(1). https://jurnal.stieimalang.ac.id/index.php/JAK/article/view/226/143
Setiawan, F., Dewi, S. W. K., & Musafa. (2022). Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Harga Terhadap Kepuasan Pelanggan Gojek Di Kota Bandung. Jurnal Sains Manajemen, 4(1), 57–64. https://doi.org/10.51977/jsm.v4i1.695
Silalahi, L. M. (2022). PENGARUH KUALITAS SUMBER DAYA MANUSIA, KOMPENSASI DAN LINGKUNGAN KERJA TERHADAP KEPUASAN KERJA (STUDI LITERATURE MANAJEMEN SUMBER DAYA MANUSIA). JIMT, 3(3). https://dinastirev.org/JIMT/article/view/830/523
Ummi Maryam, W. S., & , Ruslan, L. G. dan J. (2011). ESTIMASI PARAMETER DAN UJI GOODNESS OF FIT UNTUK DATA BINER BERPASANGAN. Jurnal Matematika, Komputer Dan Statistika, 2(1). https://jmks.uho.ac.id/index.php/journal/article/view/7
Wayan Agung Panca P, I Nyoman Jamin Ariana, N. K. A. (2018). Pengaruh kualitas pelayanan terhadap loyalitas wisatawan dan citra hotel melati di kelurahan seminyak kabupaten badung bali. JURNAL KEPARIWISATAAN DAN HOSPITALITAS, 1(1). https://ojs.unud.ac.id/index.php/jkh/article/view/30916
DOI: https://doi.org/10.24114/niaga.v13i1.50970
Article Metrics
Abstract view : 307 timesPDF - 129 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2024 Niagawan
NIAGAWAN by Program Studi Pendidikan Bisnis Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Medan is licensed under CC BY-NC 4.0