PENGEMBANGAN BAHAN AJAR BERBASIS PROJECT BASED LEARNING MATA KULIAH PERILAKU KONSUMEN FE UNIMED
DOI:
https://doi.org/10.24114/niaga.v12i3.51158Keywords:
Bahan Ajar, Hasil Belajar, Perilaku KonsumenAbstract
Mata kuliah Perilaku Konsumen merupakan salah satu mata kuliah yang terdapat dalam program studi pendidikan bisnis yang dirancang agar para lulusan Prodi Pendidikan Bisnis dalam memahami bagaimana perilaku konsumen dalam dunia nyata, sehingga menjadi bekal ilmu bagi para lulusan dalam pengelolaan bisnis. Model pembelajaran Project Based Learning adalah model pembelajaran yang memperkenankan peserta didik untuk bekerja mandiri maupun berkelompok dalam mengkonstruksi pembelajarannya dan mengaplikasikannya dalam produk nyata. Secara umum penelitian ini bertujuan mengetahui tingkat kelayakan dan efektifitas bahan ajar berbasis Project Based Learning pada mata kuliah Perilaku Konsumen Program Studi Pendidikan Bisnis Universitas Negeri Medan dapat meningkatkan hasil belajar mahasiswa. Jenis Penelitian yang digunakan adalah penelitian dan pengembangan dengan model Analysis, Design, Development, Implementation, and Evaluation (ADDIE). Buku ini telah divalidasi oleh 3 orang validator dan hasilnya menunjukkan bahwa buku tersebut memiliki kelayakan yang tinggi namun perlu dilakukan revisi. Setelah merevisi buku, uji coba dilakukan pada kelompok kecil yang terdiri dari 30 mahasiswa semester 5 yang mengambil mata kuliah Perilaku Konsumen . Berdasarkan hasil tes, nilai post-test siswa lebih tinggi dari hasil pre-test.References
Abdul Majid. 2006. Perencanaan Pembelajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Andi, Prastowo. 2015. Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar Inovatif. Yogyakarta: Diva Press.
Amri, S. dan Ahmadi K. I. 2010. Proses Pembelajaran Kreatif dan Inovatif dalam Kelas. Jakarta: Prestasi Pustaka Raya.
Azis, H. 2019. Pengembangan Bahan Ajar Fisika - Validitas, Reliabilitas, Praktikalitas, dan Efektifitas Bahan Ajar Non Cetak (Meliputi Audio, Audio Visual, Video).
Depdiknas. 2008. Peraturan Pemerintah RI No.19 Tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan. Jakarta: Depdiknas.
Dimyati dan Mudjiono. 2013. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.
Febriani, Nufian S. dan Wayan Weda Asmara Dewi. 2019. Perilaku Konsumen di Era Digital (Beserta Kasus). Jakarta: Alfabeta.
Hamalik, Oemar. 2015. Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.
Gagne, R. M. 1970. The Conditins of Learning. (2 nd ed).New York: Holt,Rinehart and Winston.
Gerlach, Vernon S., and Donald P. Ely, 1971, Teaching and media : A systematic approach. Prentice-Hall, Englewood Cliffs, N.J.
Hamdani. 2011. Strategi Belajar Mengajar. Bandung : Pustaka Setia.
Ika Lestari. 2013. Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Kompetensi. Padang: Akademia Permata.
Kadir, S. T. 2015. Konsep, Contoh dan Analisis Data dengan Program SPSS/Lisrel dalam Penelitian. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.
Mayangsari, Sizillia Noranda. 2017. Peningkatan Hasil Belajar Mahasiswa dengan Project Based Learning (PjBL). LIKHITAPRAJNA Jurnal Ilmiah, Volume 19, Nomor 2, September 2017 p-ISSN: 1410-8771, e-ISSN: 2580-4812
M. Thobroni. 2015. Belajar dan Pembelajaran: Teori dan Praktek. Yogjakarta: Arr-Ruzz Media.
Octariani, Dhia dan Isnaini Halimah Rambe. 2018. Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Project Based Learning Berbantuan Software Geogebra. MES (Journal of Mathematics Education and Science) ISSN: 2579-6550 (online) 2528-4363 (print) Vol. 4, No. 1. Oktober 2018.
Purwanto, Edi. 2019. Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Project Based Learning Mata Kuliah Media Pembelajaran PAI STAI Al-Hikmah Tanjung Balai. Jurnal Edu-Riligia. Vol.3 No.3. E-ISSN: 2581-0257.
Putri, Gina Eka . 2022. Penerapan Based Project Learning dalam Mata Kuliah Digital Bisnis Feysen pada Mahasiswa D4 Tata Busana Sarjana Terapan. Yogyakarta: Journal UNY. Vol 4, No.2 (2022).
Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Pendidikan “ Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Susianto, Didi. 2014. Pengembangan Bahan Ajar Berbasis E-Learning dengan Menggunakan Model Project Based Learning pada Mata Kuliah Pemrogaman II. Bandar Lampung: Jurnal Cendikia Vol 10 No. 1 Cendikia. ISSN: 0216-9436.
Wagiran. 2013. Metodologi Penelitian Pendidikan (Teori dan Implementasi). Sleman: DEE PUBLISH.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors who publish in this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication, with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share and adapt the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors can enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work, with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online before and during the submission process, as it can lead to productive exchanges and earlier and greater citation of published work. Where authors include such work in an institutional repository or on their website, we request that they include a statement acknowledging the Jurnal Perspektif Pembiayaan dan Pembangunan Daerah, including the name of the journal, the volume number, and a web link to the journal item.
- Authors should be aware that the Creative Commons Attribution 4.0 International License (CC BY 4.0) permits readers to share (copy and redistribute the work in any medium or format) and adapt (remix, transform, and build upon the work) for any purpose, even commercially, provided they also give appropriate credit to the work, provide a link to the license, and indicate if changes were made. They may do these things reasonably but not in any way that suggests the author or the publisher endorses their use.
NIAGAWAN by Program Studi Pendidikan Bisnis Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Medan is licensed under CC BY-NC 4.0