PENGARUH KETERSEDIAAN PRODUK DAN KUALIATAS PRODUK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN HONDA SCOOPY DI KOTA LANGSA

Ivan Wahyu Perdana, Tengku Putri Lindung Bulan, Muhammad Rizqi Zati

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh ketersediaan produk dan Kualitas Produk terhadap keputusan pembelian Honda Scoopy di Kota Langsa. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 96 responden. Metode analisis data menggunakan analisis regresi linier berganda, uji t, uji F, dan analisis koefisien determinasi (adjusted R2). Ketersediaan produk berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian Honda Scoopy di Kota Langsa, dimana dari uji t diperoleh nilai t sig 0,000. Kualitas Produk berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian Honda Scoopy di Kota Langsa, dimana dari uji t diperoleh nilai t sig 0,002. Ketersediaan produk dan Kualitas Produk secara simultan berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian Honda Scoopy di Kota Langsa, dimana dari uji F diperoleh nilai F sig. 0,000 < 0,05. Dari analisis koefisien determinasi diketahui bahwa variabel ketersediaan produk dan Kualitas Produk mempengaruhi keputusan pembelian Honda Scoopy di Kota Langsa sebesar 50,3% sedangkan sisanya 49,3% dipengaruhi oleh variabel lain di luar model penelitian ini.


Keywords


Ketersediaan Produk, Kualitas Produk, Keputusan Pembelian

Full Text:

PDF

References


Astuti, R., & Abdullah, I. (2017). Pengaruh Kualitas Produk dan Promosi terhadap Keputusan Pembelian Pakaian di Usaha Mikro Kecil Menengah, Skripsi, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara.

Daga, R. (2017). Citra, Kualitas Produk dan Kepuasan Pelanggan (1st ed.). Global RCI.

Ghozali, I., 2018, Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program IBM SPSS, edisi 9, Badan Penerbit Universitas Diponegoro, Semarang.

Kotler, P. & Amstrong, G. (2018). Principles of Marketing (7th ed.). Pearson.

Lupiyoadi, (2016). Bauran Pemasaran Bisnis Jasa. Salemba Empat.

Nasution, S., Z. (2021). Pengaruh Kualitas Produk dan Gaya Hidup terhadap Keputusan Pembelian Produk Sepatu Merek Converse (Studi Kasus pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Medan Area). Skripsi. Fakultas Ekonomi dan Bisnis. Universitas Medan Area.

Priyatno, D. (2014), SPSS 22: Pengolah Data Terpraktis. Yogyakarta: Andi Offset.

Siagian, N. S. (2017). Pengaruh Kualitas Produk dan Desain Produk terhadap Keputusan Pembelian Smartphone Iphone pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara. Skripsi. Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas.

Situngkir, M. B., Rahayu, V. I., & Zulkifli. (2021). Pengaruh Store Atmosphere, Ketersediaan Produk dan Kualitas Pelayanan terhadap Keputusan Pembelian Konsumen (Studi pada Konsumen Meteor Cell di Jalan Gajayana Kota Malang). Widyagama National Conference on Economics and Business (WNCEB), 2(1), 174–183.

Sugiharto, S. & Renata, M. (2020). Pengaruh Ketersediaan Produk Dan Harga TerhadapPembelian Ulang Produk Dengan Kepuasan Pelanggan Sebagai Variabel Intervening Dalam Studi Kasus Air Minum Dalam Kemasan (Amdk) Cleo Di daerah Kelurahan Gunung Anyar Surabaya. Jurnal Strategi Pemasaran, 7(1), 1–11.

Sugiyono. P. D. (2017). Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D) (24th ed.). Cv. Alfabeta.

Tjiptono, F. (2016). Service, Quality and Satisfaction (4th ed.). Andi.




DOI: https://doi.org/10.24114/niaga.v13i1.56545

Article Metrics

Abstract view : 43 times
PDF - 21 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
NIAGAWAN is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.