PREFERENSI KONSUMEN DALAM PENGGUNAAN TRANSPORTASI ONLINE MAXIM-BIKE: ANALISIS FAKTOR HARGA DAN KUALITAS PELAYANAN (STUDI KASUS MAHASISWA STIE DHARMA PUTRA PEKANBARU)
DOI:
https://doi.org/10.24114/niaga.v13i1.56561Abstract
Perkembangan transportasi mengalami kemajuan pesat dan berubah menjadi sektor jasa. Maxim-Bike merupakan aplikasi ojek online baru yang bersaing dengan aplikasi ojek online lainnya. Maxim berkembang pesat dan memiliki banyak pelanggan yang menggunakan Maxim di Indonesia dan Pekanbaru, dimana banyak konsumen yang juga merupakan mahasiswa, karena biaya Maxim yang relatif murah dibandingkan aplikasi sejenis lainnya. Namun kualitas pelayanan Maxim kurang memuaskan sehingga mempengaruhi pengambilan keputusan pelanggan.Tujuan penelitian untuk mengetahui pengaruh harga dan kualitas pelayanan terhadap keputusan pembelian Maxim-Bike. Populasi penelitian terdiri dari mahasiswa pengguna Maxim-Bike di STIE Dharma Putra Pekanbaru. Sampel dari penelitian ini berjumlah 70 responden yang diidentifikasi menggunakan metode non probability sampling dengan menggunakan metode analisis regresi berganda.Hasil penelitian yang diperoleh menunjukkan bahwa variabel harga berpengaruh positif terhadap keputusan mahasiswa menggunakan Maxim- Bike dengan nilai signifikansinya sebesar 0.02 dan kualitas pelayanan bepengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan mahasiswa menggunakan Maxim-Bike dengan nilai signifikansinyas sebesar 0.034. Hasil pengujian hipotesis secara simultan mendapatkan nilai signifikansi sebesar 0.000 yang menunjukkan bahwa variabel harga dan kualitas pelayanan memberikan hasil yang berpengaruh positif dan sgnifikan pada keputusan mahasiswa menggunakan Maxim-Bike.References
Aptaguna dan Pitaloka. 2016. Pengaruh Kualitas Layanan Dan Harga Terhadap Minat Beli Jasa Go-Jek. Jurnal Program Studi Manajemen Universitas Pembangunan Jaya. Vol.3
Agyapong, Gloria K.Q. 2010. The Effect of Service Quality on Customer Satisfaction in the Utility Industry “A Case of Vodafone (Ghana). International Journal of Business and Management. www.academia.edu
Algifari. 2016. Mengukur Kualitas Layanan dengan Indeks Kepuasan Pelanggan, Metode Importance-performance Analysis (IPA), dan Model Kano. BPFE. Yogyakarta.
Baskara,Yoga. 2017. "Pengaruh Citra Merek dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Mobil Volkswagen Golf". e-proceeding of management. Vol.4, No. 2 (Agustus)
Kotler. Philip dan Keller. Kevine Lane. 2016. Marketing Management 15th Edition. United State of America: Pearson Education Limited.
Kotler dan Amstrong. 2016. Principles of Marketing Sixteenth Edition Global Edition. England. Pearson Education Limited.
Parasuraman, Etta Mamang dkk. 2013. Perilaku Konsumen. Yogyakarta. Andi.
Pembelian Mobil Volkswagen Golf". e-proceeding of management. Vol.4, No. 2 (Agustus)
Algifari. 2016. Mengukur Kualitas Layanan dengan Indeks Kepuasan Pelanggan, Metode Importance-performance Analysis (IPA), dan Model Kano. BPFE. Yogyakarta.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors who publish in this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication, with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share and adapt the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors can enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work, with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online before and during the submission process, as it can lead to productive exchanges and earlier and greater citation of published work. Where authors include such work in an institutional repository or on their website, we request that they include a statement acknowledging the Jurnal Perspektif Pembiayaan dan Pembangunan Daerah, including the name of the journal, the volume number, and a web link to the journal item.
- Authors should be aware that the Creative Commons Attribution 4.0 International License (CC BY 4.0) permits readers to share (copy and redistribute the work in any medium or format) and adapt (remix, transform, and build upon the work) for any purpose, even commercially, provided they also give appropriate credit to the work, provide a link to the license, and indicate if changes were made. They may do these things reasonably but not in any way that suggests the author or the publisher endorses their use.
NIAGAWAN by Program Studi Pendidikan Bisnis Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Medan is licensed under CC BY-NC 4.0