PREFERENSI KONSUMEN DALAM PENGGUNAAN TRANSPORTASI ONLINE MAXIM-BIKE: ANALISIS FAKTOR HARGA DAN KUALITAS PELAYANAN (STUDI KASUS MAHASISWA STIE DHARMA PUTRA PEKANBARU)

Yudho Wibowo, Aprinawati Aprinawati, Indriaty Indriaty

Abstract


Perkembangan transportasi mengalami kemajuan pesat dan berubah menjadi sektor jasa. Maxim-Bike merupakan aplikasi ojek online baru yang bersaing dengan aplikasi ojek online lainnya. Maxim berkembang pesat dan memiliki banyak pelanggan yang menggunakan Maxim di Indonesia dan Pekanbaru, dimana banyak konsumen yang juga merupakan mahasiswa, karena biaya Maxim yang relatif murah dibandingkan aplikasi sejenis lainnya. Namun kualitas pelayanan Maxim kurang memuaskan sehingga mempengaruhi pengambilan keputusan pelanggan.

Tujuan penelitian untuk mengetahui pengaruh harga dan kualitas pelayanan terhadap keputusan pembelian Maxim-Bike. Populasi penelitian terdiri dari mahasiswa pengguna Maxim-Bike di STIE Dharma Putra Pekanbaru. Sampel dari penelitian ini berjumlah 70 responden yang diidentifikasi menggunakan metode non probability sampling dengan menggunakan metode analisis regresi berganda.

Hasil penelitian yang diperoleh menunjukkan bahwa variabel harga berpengaruh positif terhadap keputusan mahasiswa menggunakan Maxim- Bike dengan nilai signifikansinya sebesar 0.02 dan kualitas pelayanan bepengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan mahasiswa menggunakan Maxim-Bike dengan nilai signifikansinyas sebesar 0.034. Hasil pengujian hipotesis secara simultan mendapatkan nilai signifikansi sebesar 0.000 yang menunjukkan bahwa variabel harga dan kualitas pelayanan memberikan hasil yang berpengaruh positif dan sgnifikan pada keputusan mahasiswa menggunakan Maxim-Bike.

Full Text:

PDF

References


Aptaguna dan Pitaloka. 2016. Pengaruh Kualitas Layanan Dan Harga Terhadap Minat Beli Jasa Go-Jek. Jurnal Program Studi Manajemen Universitas Pembangunan Jaya. Vol.3

Agyapong, Gloria K.Q. 2010. The Effect of Service Quality on Customer Satisfaction in the Utility Industry –A Case of Vodafone (Ghana). International Journal of Business and Management. www.academia.edu

Algifari. 2016. Mengukur Kualitas Layanan dengan Indeks Kepuasan Pelanggan, Metode Importance-performance Analysis (IPA), dan Model Kano. BPFE. Yogyakarta.

Baskara,Yoga. 2017. "Pengaruh Citra Merek dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Mobil Volkswagen Golf". e-proceeding of management. Vol.4, No. 2 (Agustus)

Kotler. Philip dan Keller. Kevine Lane. 2016. Marketing Management 15th Edition. United State of America: Pearson Education Limited.

Kotler dan Amstrong. 2016. Principles of Marketing Sixteenth Edition Global Edition. England. Pearson Education Limited.

Parasuraman, Etta Mamang dkk. 2013. Perilaku Konsumen. Yogyakarta. Andi.

Pembelian Mobil Volkswagen Golf". e-proceeding of management. Vol.4, No. 2 (Agustus)

Algifari. 2016. Mengukur Kualitas Layanan dengan Indeks Kepuasan Pelanggan, Metode Importance-performance Analysis (IPA), dan Model Kano. BPFE. Yogyakarta.




DOI: https://doi.org/10.24114/niaga.v13i1.56561

Article Metrics

Abstract view : 38 times
PDF - 27 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
NIAGAWAN is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.