PENGARUH PENGETAHUAN KEWIRAUSAHAAN DAN PENGGUNAAN MEDIA SOSIAL TERHADAP MINAT BERWIRAUSAHA MAHASISWA PROGRAM STUDI PENDIDIKAN BISNIS FAKULTAS EKONOMI UNIVERSITAS NEGERI MEDAN STAMBUK 2021

Authors

  • Canty Risa Arnar
  • Ivo Selvia Agusti Universitas Negeri Medan

DOI:

https://doi.org/10.24114/niaga.v13i3.65040

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Pengetahuan Kewirausahaan dan Penggunaan Media Sosial terhadap Minat Berwirausaha Mahasiswa Jurusan Pendidikan Bisnis Universitas Negeri Medan Angkatan 2021. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, dokumentasi, dan angket. Penulis menggunakan 73 populasi. Adapun sampel yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 73 mahasiswa dengan teknik total sampling. Kemudian, teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu regresi linear berganda. Dengan teknik pengujian hipotesis baik secara parsial maupun simultan serta menggunakan alat pengukur koefisien determinasi (R). Hasil penelitian yang dapat diketahui dari perolehan data statistik membuktikan bahwa ada pengaruh yang positif dan signifikan antara variabel Pengetahuan Kewirausahaan dan Penggunaan Media Sosial terhadap Minat Berwirausa. Pada tahap akhir melakukan uji hipotesis berupa uji t dan uji F yang diolah dengan bantuan aplikasi yang bernama SPSS versi 27. Perolehan hasil kegiatan penelitian memperlihatkan bahwa: (1) pengetahuan kewirausahaan memberikan pengaruh yang mengarah hasil positif dan juga hasil signifikan pada minat berwirausaha mahasiswa, (2) media sosial memberikan pengaruh yang mengarah hasil positif dan juga hasil signifikan pada minat berwirausaha mahasiswa, dan (3) pengetahuan kewirausahaan dan media sosial memberikan pengaruh yang mengarah hasil positif dan juga hasil signifikan pada minat berwirausaha mahasiswa. Keywords: Pengetahuan Kewiraushaan, Penggunaan Media Sosial, Minat Berwirausaha

Downloads

Published

2025-04-25