PENGARUH LITERASI DIGITAL DAN SELF DIRECTED LEARNING TERHADAP MINAT MENJADI TECHNOPRENEUR DENGAN SELF EFFICACY SEBAGAI VARIABEL MODERATING PADA MAHASISWA JURUSAN EKONOMI STAMBUK 2021 UNIVERSITAS NEGERI MEDAN
DOI:
https://doi.org/10.24114/niaga.v13i3.65042Abstract
Para lulusan jurusan ekonomi sering menghadapi kesulitan dalam menemukan pekerjaan yang sesuai dengan latar belakang pendidikan mereka. Hal ini mendorong mereka untuk menjelajahi jalur alternatif sebagai technopreneur, di mana mereka dapat mengembangkan bisnis berbasis teknologi sebagai solusi atas tantangan pengangguran yang mereka hadapi. Meskipun potensi untuk menjadi Technopreneur ada, minat mahasiswa dalam bidang ini masih kurang. Penyebabnya adalah kurangnya motivasi untuk belajar secara mandiri mengenai konsep bisnis berbasis teknologi dan kurangnya pemanfaatan literasi, terutama literasi digital. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji pengaruh Literasi Digital dan Self Directed Learning terhadap Minat Menjadi Technopreneur dengan Self Efficacy sebagai variabel moderating pada mahasiswa Jurusan Ekonomi Stambuk 2021 Universitas Negeri Medan. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan dengan rancangan penelitian ex post facto. Populasi penelitian adalah 339 mahasiswa Jurusan Ekonomi Stambuk 2021, dengan sampel sebanyak 183 mahasiswa yang diambil menggunakan teknik Proportional Random Sampling. Data dikumpulkan melalui Angket dengan skala likert dan dianalisis menggunakan uji normalitas, linearitas, multikolinearitas, heteroskedastisitas, regresi berganda, dan uji t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : (1) Terdapat Pengaruh Literasi Digital terhadap minat menjadi Technopreneur (2) Terdapat Pengaruh Self Directed Learning terhadap minat Menjadi Technopreneur, (3 Self-efficacy dapat memoderasi atau memperkuat pengaruh dari variabel literasi digital terhadap minat menjadi technopreneur. (4) Self Efficacy dapat memoderasi atau memperkuat pengaruh dari variabel Self Directed Learning terhadap minat menjadi technopreneur. Penelitian ini memberikan implikasi bahwa peningkatan Literasi Digital, Self directed learning, dan Self Efficacy pada mahasiswa dapat meningkatkan minat mereka untuk menjadi Technopreneur. Selain itu, perguruan tinggi perlu mengembangkan program dan kurikulum yang mendukung pengembangan literasi digital, self directed learning, dan Self Efficacy untuk mendorong minat menjadi Technopreneur di kalangan mahasiswa. Keywords: Literasi Digital, Self directed learning, Self Eficacy, Minat Menjadi TechnopreneurDownloads
Published
2025-04-25
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2025 Siska Octavianita Br Sembiring, Putri Kemala Dewi Lubis

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish in this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication, with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share and adapt the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors can enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work, with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online before and during the submission process, as it can lead to productive exchanges and earlier and greater citation of published work. Where authors include such work in an institutional repository or on their website, we request that they include a statement acknowledging the Jurnal Perspektif Pembiayaan dan Pembangunan Daerah, including the name of the journal, the volume number, and a web link to the journal item.
- Authors should be aware that the Creative Commons Attribution 4.0 International License (CC BY 4.0) permits readers to share (copy and redistribute the work in any medium or format) and adapt (remix, transform, and build upon the work) for any purpose, even commercially, provided they also give appropriate credit to the work, provide a link to the license, and indicate if changes were made. They may do these things reasonably but not in any way that suggests the author or the publisher endorses their use.
NIAGAWAN by Program Studi Pendidikan Bisnis Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Medan is licensed under CC BY-NC 4.0