RELEVANSI PROGRAM PEMERINTAH DI BIDANG PENDIDIKAN GUNA MENGURANGI KEMISKINAN DI DESA MANDUAMAS

Authors

  • Gracia Putri Munthe Sekolah Tinggi Diakones HKBP
  • Derselli Pranitha Silitonga Konseling Pastoral, Sekolah Tinggi Diakones HKBP

DOI:

https://doi.org/10.24114/niaga.v14i2.65519

Keywords:

Program Pemerintah, Kemiskinan, Kesejahteraan

Abstract

Artikel ini ditulis untuk membahas tentang relevansi program pemerintah dibidang pendidikan dalam mengurangi kemiskinan yang terjadi di Indonesia terkhususnya di Desa Manduamas. Pendidikan merupakan salah satu aspek terpenting dalam kehidupan masyarakat. Pada umumnya setiap program pemerintah bertujuan untuk membantu masyarakat miskin. Seperti program KIP (Kartu Indonesia Pintar) yang relevan saat ini digunakan masyarakat untuk menempuh pendidikan yang lebih tinggi. Namun, ketidaktepatan sasaran menjadi kendala untuk mengurangi masalah kemiskinan terlebih dibidang pendidikan.  Sehingga dalam artikel ini ditegaskan bahwa perlunya evaluasi program-program pemerintah agar lebih efektif dan mengkaji bagaimana manfaatnya dari program tersebut dalam kehidupan masyarakat miskin.  

References

Agustina, Nia, dan Santri Salam. 2019. “Faktor-faktor Yang Mempengaruhi Rendahnya Tingkat Pendidikan Masyarakat Di Desa Made Kecamatan Kudu Kabupaten Jombang” 1 (1): 211–18.

Baidah, Mislaini, dan Damilsi Hijaya. 2025. “Faktor yang Mempengaruhi Rendahnya Kualitas Pendidikan di Indonesia.” Jurnal Inspirasi Pendidikan 3 (1): 46–54.

Citra Pratama, Yoghi. 2014. “Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Kemiskinan Di Indonesia.” Jurnal Bisnis dan Manajemen 4 (2): 210–23.

Dwijonagoro, Hadi Samsul, Aniza Wulandari, dan Rizty Frizka Audiya. 2024. “Permasalahan Pendidikan Dan Solusinya di Indonesia.” Baksooka: Jurnal Penelitian Ilmu Sejarah, Sosial dan Budaya 3 (1): 1–14.

Fitri, Nurul, dan Siti Fadia. 2021. “Problematika Kualitas Pendidikan di Indonesia.” Jurnal Pendidikan Tambusai 5 (1). https://garuda.kemdikbud.go.id/documents/detail/3882476.

Fuadi Ahmad, Cecep, Nana Suarna, dan Gifthera Dwilestari. 2023. “Klasifikasi Data Kemiskinan Menggunakan Metode Naïve Bayes Untuk Mengetahui Tingkat Kemiskian Studi Kasus: Desa Karangasem Kecamatan Leuwimunding Majalengka.” Jurnal Informatika dan Teknologi Informasi 2 (2): 203–8.

Hendriwani, Subur. 2020. “Teori Kelas Sosial dan Marxsme Karl Marx.” Jurnal Kalam dan Filsafat 2 (1): 13–28.

Nasution, Efrizal. 2014. “Problematika Pendidikan di Indonesia.” Jurnal Mediasi 8 (1): 10.

Rohaeni, N Eni, dan Oyon Saryono. 2018. “Implementasi Kebijakan Program Indonesia Pintar (PIP) Melalui Kartu Indonesia Pintar (KIP) dalam Upaya Pemerataan Pendidikan” 2 (1).

Sari, Meri Enita Puspita, dan Diah Ayu Pratiwi. 2018. “Faktor-Faktoryang Mempengaruhi Kesejahteraan Hidup Masyarakat Suku Laut Pulau Bertam Kota Batam.” JURNAL TRIAS POLITIKA 2 (2): 137. https://doi.org/10.33373/jtp.v2i2.1464.

Ulya, Husna Ni`matul. 2018. “Paradigma Kemiskinan Dalam Perspektif Islam Dan Konvensional.” El-Barka: Journal of Islamic Economics and Business 1 (1): 129. https://doi.org/10.21154/elbarka.v1i1.1448.

Zakia, Ardiva, Asri Ayu Adisti, dan Aulia Asmarani. 2022. “Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Kelas Sosial: Gaya Hidup, Daya Beli Dan Tingkat Konsumsi” 3 (5).

Downloads

Published

2025-07-07