RELEVANSI PROGRAM PEMERINTAH DI BIDANG PENDIDIKAN GUNA MENGURANGI KEMISKINAN DI DESA MANDUAMAS
DOI:
https://doi.org/10.24114/niaga.v14i2.65519Keywords:
Program Pemerintah, Kemiskinan, KesejahteraanAbstract
Artikel ini ditulis untuk membahas tentang relevansi program pemerintah dibidang pendidikan dalam mengurangi kemiskinan yang terjadi di Indonesia terkhususnya di Desa Manduamas. Pendidikan merupakan salah satu aspek terpenting dalam kehidupan masyarakat. Pada umumnya setiap program pemerintah bertujuan untuk membantu masyarakat miskin. Seperti program KIP (Kartu Indonesia Pintar) yang relevan saat ini digunakan masyarakat untuk menempuh pendidikan yang lebih tinggi. Namun, ketidaktepatan sasaran menjadi kendala untuk mengurangi masalah kemiskinan terlebih dibidang pendidikan. Sehingga dalam artikel ini ditegaskan bahwa perlunya evaluasi program-program pemerintah agar lebih efektif dan mengkaji bagaimana manfaatnya dari program tersebut dalam kehidupan masyarakat miskin.References
Agustina, Nia, dan Santri Salam. 2019. “Faktor-faktor Yang Mempengaruhi Rendahnya Tingkat Pendidikan Masyarakat Di Desa Made Kecamatan Kudu Kabupaten Jombang” 1 (1): 211–18.
Baidah, Mislaini, dan Damilsi Hijaya. 2025. “Faktor yang Mempengaruhi Rendahnya Kualitas Pendidikan di Indonesia.” Jurnal Inspirasi Pendidikan 3 (1): 46–54.
Citra Pratama, Yoghi. 2014. “Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Kemiskinan Di Indonesia.” Jurnal Bisnis dan Manajemen 4 (2): 210–23.
Dwijonagoro, Hadi Samsul, Aniza Wulandari, dan Rizty Frizka Audiya. 2024. “Permasalahan Pendidikan Dan Solusinya di Indonesia.” Baksooka: Jurnal Penelitian Ilmu Sejarah, Sosial dan Budaya 3 (1): 1–14.
Fitri, Nurul, dan Siti Fadia. 2021. “Problematika Kualitas Pendidikan di Indonesia.” Jurnal Pendidikan Tambusai 5 (1). https://garuda.kemdikbud.go.id/documents/detail/3882476.
Fuadi Ahmad, Cecep, Nana Suarna, dan Gifthera Dwilestari. 2023. “Klasifikasi Data Kemiskinan Menggunakan Metode Naïve Bayes Untuk Mengetahui Tingkat Kemiskian Studi Kasus: Desa Karangasem Kecamatan Leuwimunding Majalengka.” Jurnal Informatika dan Teknologi Informasi 2 (2): 203–8.
Hendriwani, Subur. 2020. “Teori Kelas Sosial dan Marxsme Karl Marx.” Jurnal Kalam dan Filsafat 2 (1): 13–28.
Nasution, Efrizal. 2014. “Problematika Pendidikan di Indonesia.” Jurnal Mediasi 8 (1): 10.
Rohaeni, N Eni, dan Oyon Saryono. 2018. “Implementasi Kebijakan Program Indonesia Pintar (PIP) Melalui Kartu Indonesia Pintar (KIP) dalam Upaya Pemerataan Pendidikan” 2 (1).
Sari, Meri Enita Puspita, dan Diah Ayu Pratiwi. 2018. “Faktor-Faktoryang Mempengaruhi Kesejahteraan Hidup Masyarakat Suku Laut Pulau Bertam Kota Batam.” JURNAL TRIAS POLITIKA 2 (2): 137. https://doi.org/10.33373/jtp.v2i2.1464.
Ulya, Husna Ni`matul. 2018. “Paradigma Kemiskinan Dalam Perspektif Islam Dan Konvensional.” El-Barka: Journal of Islamic Economics and Business 1 (1): 129. https://doi.org/10.21154/elbarka.v1i1.1448.
Zakia, Ardiva, Asri Ayu Adisti, dan Aulia Asmarani. 2022. “Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Kelas Sosial: Gaya Hidup, Daya Beli Dan Tingkat Konsumsi” 3 (5).
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Gracia Putri Munthe

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish in this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication, with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share and adapt the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors can enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work, with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online before and during the submission process, as it can lead to productive exchanges and earlier and greater citation of published work. Where authors include such work in an institutional repository or on their website, we request that they include a statement acknowledging the Jurnal Perspektif Pembiayaan dan Pembangunan Daerah, including the name of the journal, the volume number, and a web link to the journal item.
- Authors should be aware that the Creative Commons Attribution 4.0 International License (CC BY 4.0) permits readers to share (copy and redistribute the work in any medium or format) and adapt (remix, transform, and build upon the work) for any purpose, even commercially, provided they also give appropriate credit to the work, provide a link to the license, and indicate if changes were made. They may do these things reasonably but not in any way that suggests the author or the publisher endorses their use.
NIAGAWAN by Program Studi Pendidikan Bisnis Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Medan is licensed under CC BY-NC 4.0