PENGARUH KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN PT MIDI UTAMA INDONESIA TBK. DI JALAN YOS SUDARSO 2 KOTA GUNUNGSITOLI

Authors

  • Enjelisna Zebua Universitas Nias
  • Eka Septianti Laoli Universitas Nias
  • Asali Lase Universitas Nias

DOI:

https://doi.org/10.24114/niaga.v14i2.65803

Keywords:

Kualitas Pelayanan, Kepuasan Pelanggan

Abstract

Kehadiran PT Midi Utama Indonesia Tbk. di Kota Gunungsitoli semakin mewarnai aktivitas perekonomian yang bersifat modern. Ketatnya persaingan bisnis perdagangan di Kota Gunungsitoli membuat PT Midi terkesan sepi pelanggan. Tidak hanya itu, adanya ketidakpuasan masyarakat terkait pelayanan yang diberikan oleh PT Midi, dimana mayoritas karyawan tidak ramah, produk yang tidak lengkap dan tidak sesuai dengan kebutuhan masyarakat, harga produk yang naik secara drastis, hingga proses pembayaran yang lama dan berbelit. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kualitas pelayanan terhadap kepuasan pelanggan PT Midi Utama Indonesia Tbk. Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dan teknik pengumpulan data menggunakan angket dan observasi langsung. Sampel yang digunakan dalam penelitian adalah berjumlah 67 responden, dan pengolahan data menggunakan aplikasi SPSS versi 23, serta dilakukan uji validitas, uji reliabilitas, uji asumsi klasik dan uji hipotesis. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kualitas pelayanan sangat berpengaruh terhadap kepuasan pelanggan di lihat dari jawaban responden pada angket yang telah diberikan. Dilihat dari variabelnya, pengaruh variabel bebas yaitu (kualitas pelayanan) terhadap variabel terikat (kepuasan pelanggan) adalah sebesar 81% sedangkan 19% kepuasan pelanggan dipengaruhi oleh variabel lainnya yang tidak diteliti. Jadi kualitas pelayanan (X) berpengaruh positif terhadap kepuasan pelanggan (Y) dengan total pengaruh 81%. Pengaruh positif ini bermakna semakin meningkat kualitas pelayanan yang di berikan oleh PT Midi Utama Indonesia Tbk. maka akan berpengaruh terhadap peningkatan kepuasan pelanggan.

References

Adhari, I. Z. (2021). Kepuasan Pelanggan & Pencapaian Brand Trust (Vol. 1). CV. Penerbit Qiara Media.

Adinda, S. (2024). Pengaruh Kelengkapan Produk, Kualitas Produk, Dan Persepsi Harga Terhadap Kepuasan Konsumen (Studi Kasus Pada Konsumen Alfamidi Di Kota Tarakan).

Andayani, M. (2020). Kepuasan Pelanggan Berdasarkan Fasilitas Fisik Dan Kepercayaan Pelanggan. Journal Of Management And Bussines (Jomb), 2(2), 184–195.

Asnawi, Y. H., & Widhiani, A. P. (t.t.). Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan Alfamidi (Studi Kasus Alfamidi Menceng Raya).

Assagaf, A. (2024). ANALISIS SENTIMEN PELAYANAN INDOMARET DAN ALFAMIDI PADA TWITTER MENGGUNAKAN METODE NAÏVE BAYES (STUDI KASUS KOTA TERNATE). Jurnal Teknik Informatika (J-Tifa), 7(2), 38–46.

Bali, A. Y. (2022). Pengaruh Kualitas Produk dan Harga Terhadap Loyalitas Konsumen Dengan Kepuasan Konsumen Sebagai Variabel Intervening. Jurnal Akuntansi, Manajemen Dan Ekonomi, 1(1), 1–14.

Caniago, A. (2022). Analisis kepercayaan dan kualitas pelayanan terhadap kepuasan pelanggan. Jurnal Lentera Bisnis, 11(3), 219.

Curatman, A., & Suroso, A. (2020). Program Loyalitas Pelanggan. Deepublish.

Destiana, E., & Rinaldi, R. (2023). PENGARUH KUALITAS PELAYANAN, BRAND IMAGE DAN PROMOSI TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN (Studi Kasus Gerai Alfamidi Cabang Timoho, Kota Yogyakarta). Journal Competency of Business, 7(1), 137–156.

Facey, R., Rehatta, G., & Sinay, F. R. (2025). The Influence of Product Layout on Purchasing Decisions at Alfamidi Minimarket Depok Lima, Desa Poka, Teluk Ambon District. JENDELA PENGETAHUAN, 18(1), 131–142.

Fauziah, S. (2023). Pengaruh Service Quality Dan Store Image Terhadap Customer Satisfaction (studi pada Karyawan di PT Midi Utama Indonesia Tbk). Journal of Economic, Management and Entrepreneurship, 1(2), 73–77.

Ghufron, M., & Zuraida, L. (2022). Analisis Pengaruh Kualitas Pelayanan, Keberagaman Produk, Harga Dan Lokasi Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Di Alfamidi Tritunggal Yogyakarta. Jurnal Riset Akuntansi dan Bisnis Indonesia STIE Wiya Wiwaha, 2(3).

Hasibuan, E. I. U. (2023). PENGARUH KUALITAS PELAYANAN, HARGA DAN KUALITAS PRODUK TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN PADA ALFAMIDI AEK BATU. Tugas_ Akhir (Artikel) Almana: Jurnal Manajemen dan Bisnis, 8(1), 1–12.

Khairani, P. (2025). Hubungan antara Kualitas Pelayanan dengan Kepuasan Pelanggan di Alfamidi Medan.

Lieyanto, D. M., & Pahar, B. H. (2021). Pengaruh Kualitas Produk, Harga, Kualitas Pelayanan, Dan Store Atmosphere Terhadap Kepuasan Pelanggan. BIP’s JURNAL BISNIS PERSPEKTIF, 13(2), 88–101.

Mahira, M., Hadi, P., & Nastiti, H. (2021). Pengaruh kualitas produk dan kualitas pelayanan terhadap kepuasan pelanggan Indihome. Konferensi Riset Nasional Ekonomi Manajemen dan Akuntansi, 2(1), 1267–1283.

Millah, H. (2020). Pengaruh Kualitas Pelayanan Karyawan Terhadap Kepuasan Konsumen. Iqtishodiyah: Jurnal Ekonomi Dan Bisnis Islam, 6(2), 134–142.

Mulyana, A., Susilawati, E., Fransisca, Y., Arismawati, M., Madrapriya, F., Phety, D. T. O., Putranto, A. H., Fajriyah, E., Kurniawan, R., & Asri, Y. N. (2024). Metode penelitian kuantitatif. Tohar Media.

Naibaho, U. A., Akbar, H., & Hadibrata, B. (2022). Determinasi kepuasan pelanggan: Analisis kualitas pelayanan, harga dan kualitas produk (literature review strategic marketing management). Jurnal Manajemen Pendidikan Dan Ilmu Sosial, 3(2), 1079–1089.

Njonjie, P., & Posi, S. H. (2022). Dampak Keberadaan Pasar Modern (Alfamidi) Terhadap Pendapatan Pedagang Tradisional Di Kabupaten Halmahera Utara. JIMAT (Jurnal Ilmiah Mahasiswa Akuntansi) Undiksha, 13(01), 254–258.

Nurhikmat, A. (2022). Determinasi Kepuasan Pelanggan dan Loyalitas Pelanggan Dengan Harga dan Kualitas Produk: Literature Review. KarismaPro, 13(2), 75–86.

Norman, E., Hiskandar, Z., & Evinovita, E. (2021). Kepuasan Pelanggan Dalam Berbelanja di Alfamidi Pagelaran Bogor. El-Mujtama: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(1), 85–104.

Putri, N. D. P. D., Novitasari, D., Yuwono, T., & Asbari, M. (2021). Pengaruh kualitas produk dan kualitas pelayanan terhadap kepuasan pelanggan. Journal Of Communication Education, 15(1).

Rahayu, S., & Syafe’i, D. (2022). Pengaruh Kualitas Pelayanan, Harga Dan Promosi Terhadap Loyalitas Pelanggan Melalui Kepuasan Pelanggan. Jesya (Jurnal Ekonomi dan Ekonomi Syariah), 5(2), 2107–2192.

Rida, R., Lubis, M. F., & Romadhon, S. (2025). MENGUKUR KEPUASAN PELANGGAN PERUSAHAAN JASA DENGAN METODE SERVICE QUALITY.

Saragih, Y. S. L., Suparwo, A., & Drajat, D. Y. (2024). Pengaruh Kualitas Pelayanan, Potongan Harga Dan Digital Customer Experience Terhadap Kepuasan Pelanggan Alfamidi Kota Bandung. Arus Jurnal Sosial dan Humaniora, 4(3), 1334–1344.

Sasongko, S. R. (2021). Faktor-faktor kepuasan pelanggan dan loyalitas pelanggan (literature review manajemen pemasaran). Jurnal ilmu manajemen terapan, 3(1), 104–114.

Simange, C., Tawas, H. N., & Roring, F. (2023). Analisis Pengaruh Potongan Harga, Citra Merek, Dan Kepercayaan Pelanggan Terhadap Keputusan Pembelian Di Alfamidi Kec. Tobelo Tengah. Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi, 11(3), 761–771.

Sellang, K., Sos, S., Ap, M., Jamaluddin, D. R. H., Sos, S., & Mustanir, A. (2022). Strategi dalam peningkatan kualitas pelayanan publik dimensi, konsep, indikator dan implementasinya. Penerbit Qiara Media.

Subasman, I., & Aliyyah, R. R. (2024). DESAIN KUESIONER PENELITIAN. Penerbit Widina.

Sukardi, K., & Risal, T. (2024). PENGARUH KUALITAS LAYANAN, HARGA DAN IKLAN TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN (STUDI KASUS: ALFAMIDI CABANG ALUMINIUM RAYA). JURNAL WIDYA, 5(2), 1542–1555.

Sunyoto, D., & Mulyono, A. (2022). Manajemen Bisnis Ritel.

Syah, A. (2021). Manajemen Pemasaran Kepuasan Pelanggan. Penerbit Widina.

Syam, A. H., & Adi, Y. (2023). Pengaruh Harga dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian di Alfamidi Wonomulyo. Jurnal Online Manajemen ELPEI, 3(1), 482–491.

Trilaksono, A. I., & Prabowo, B. (2023). Analisis Pengaruh Experiential Marketing terhadap Loyalitas Pelanggan melalui Kepuasan Pelanggan sebagai Variabel Intervening. Reslaj: Religion Education Social Laa Roiba Journal, 5(1), 101–112.

Veryani, F., & Andarini, S. (2022). Pengaruh E-Service Quality Terhadap Loyalitas Pelanggan Melalui Kepuasan Pelanggan Sebagai Variabel Intervening. Jurnal Administrasi Bisnis, 12(2), 125–131.

Walujo, D. A., Koesdijati, T., & Utomo, Y. (2020). Pengendalian kualitas. Scopindo Media Pustaka.

Zain, A. A. (2022). Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen. Al-Maqashid: Journal of Economics and Islamic Business, 2(2), 47–54.

Downloads

Published

2025-07-07