SINERGI KERJATIM: SUATU PERSPECTIVE DALAM MODAL SUMBER DAYA MANUSIA

Authors

  • Muhammad Ras Muis Universitas Battuta
  • Jupianus Sitepu Universitas Quality
  • Muammar Rinaldi Universitas Negeri Medan

DOI:

https://doi.org/10.24114/niaga.v14i2.66405

Keywords:

Berbagi Pengetahuan, Inovasi dan Sinergi Kerjatim

Abstract

Hubungan antara sumber daya manusia dan inovasi memiliki hubungan yang tidak terpisahkan di dunia bisnis dan menjadi kebutuhan untuk bisnis dapat bertahan dan bersaing di tengah tuntutan konsumen yang selalu meningkat dari waktu ke waktu. Perusahaan saat ini semakin mengadopsi model inovasi terbuka dan terlibat dengan sumber pengetahuan eksternal dan harus menemukan manusia yang berkuliatas untuk membawa inovasi ke dalam Perusahaan. Pengetahuan dan inovasi baru merupakan kebutuhan untuk menjadikan Perusahaan compete di tengah persaingan yang semakin ketat. Berinovasi cenderung sangat bergantung pada pengetahuan, keterampilan, dan pengalaman karyawan dalam proses penciptaan nilai. Hal penting lain dalam inovasi adalah adanya proses transfer knowledge dan kesediaan berbagi ilmu pengetahuan.  Untuk lebih jauh memahami berbagi pengetahuan dan inovasi dibutuhkan pelatihan khusus, indikator kinerja baru, imbalan baru, dan cara-cara baru untuk berkomunikasi dengan/dan di antara karyawan. Hal tersebut  merupakan tuntutan untuk menjadikan sumber daya manusia lebih aktif, efektif dan efisien. Oleh karena itu, berbagi pengetahuan diperlukan untuk mengakomodasi peran strategis sumber daya manusia untuk kreatif dan inovatif serta kompetitif untuk menjadikan Perusahaan yang profitable dan sustanaible. Sinergi kerjatim ini merupakan pengembangan dari teori-teori sumberdaya manusia. Human Capital atau Sumber Daya Manusia merupakan kombinasi dari pengetahuan, keterampilan, inovasi dan kemampuan seseorang untuk menjalankan tugasnya sehingga dapat menciptkan suatu nilai tambah dan akan memberikan suistanable revenue di masa yang akan datang.

References

Aboobaker, Nimitha and Zakkariya K.A., “Influence of digital learning orientation and readiness for change on innovative work behaviour: reflections from the higher education sector”, Development And Learning In Organizations: An International Journal, DOI 10.1108/DLO-08-2019-0191 VOL. 34 NO. 2 2020.

Alisher Tohirovich, D., Changjoon, R., & Junghyun, Y. (2017). Organizational structure and innovation performance: Is employee innovative behavior a missing link? Career Development International, 22(4), 334-350. Retrieved from https://doi.org/10.1108/CDI-12-2016-0234. doi:10.1108/CDI-12-2016-0234.

Amari, I.N., Dewayani, J.,&Ferdinand, A. T. (2019). Strategic Human Resources Roles and Knowledge Sharinh: How do Enhancing Organizational Innovation? Quality Access to Succes, 20(168), 8.

Ardiansyah, (2011). Manajemen Sumber Daya Manusia. Edisi kesepuluh Indeks,

Armenakis, A A., harris, S., & Mossholder, K. W. (1993). Creating readiness for organizational change. Human Relations, 46(6).

As’ad, Moh., (2000). Seri Ilmu Manajemen Sumber Daya Manusia: Psikologi Industri. Edisi Keempat. Yogyakarta: Liberty.

Aulawi, Govindaraju, Suryadi, &Sudirman. Hubungan Knowledge Sharing Behavior Dan Individual Innovation Capability. Bandung : Institute Teknologi Bandung. 2009

Bernadin, H. John and Joyce. A. Russell., (1993). Human ResourceManagement : An Experiential Approach, Mc.Graw Hill, Boston.

Bock, G.-W., Zmud, R. W., Kim, Y.-G., & Lee, J.-N. (2005). Behavioral Intention

Cabrilo, S., Nesic, L. G., & Mitrovic, S. (2014). Study on human capital gaps for effective innovation strategies in the knowledge era. Journal of Intellectual Capital, 15(3), 411-429. Retrieved from http://www.emeraldinsight.com/doi/abs/10.1108/JIC-05-2014-0058. doi:doi10.1108/JIC-05-2014-0058

Cheng-Wen Lee and Nurul Hidayat, The Influence of Knowledge Sharing and Absorptive Capacity on Service Innovation Performance of Islamic Banking in North Borneo Indonesia. Advances in Management & Applied Economics, vol. 8, no. 4, 2018, 17-28 ISSN: 1792-7544 (print version), 1792-7552 (online) Scienpress Ltd, 201

Damayanti, (2005). Manajemen Sumber Daya Manusia, Salemba Empat, Jakarta

Eisenhardt, K.M. and Tabrizi, D.B.N. (1995), “Accelerating adaptive processes : product innovation in the global computer industry”, Administrative Science Quarterly, Vol. 40 No. 1, pp. 84-110.

Ferdinand, Augusty, (2014). Metode Penelitian Manajemen, Pedoman Penelitian Skripsi, Tesis, dan Desertas Ilmu Manajemen, Edisi kelima BP-UNDIP, Semarang.

Formation in Knowledge Sharing: Examining the Roles of Extrinsic Motivators, Social-Psychological Forces, and Organizational Climate. MIS Quarterly, 29(1), 87-111

Gomes, Faustino Cardoso., (2002). Manajemen Sumber Daya Manusia, Andi Offset, Yogyakarta.

Hecklau F, Galeitzke M, Flachs S, Kohl H (2016). Holistic Approach for Human Resource Management in Industry 4.0. Published by Elsevier B.V. This is an open access article under the CC BY- NC-ND license (http://creativecommons.org/licenses/ by-nc-nd/4.0/)

Heffner, M. and Sharif, d.N. (2008), “Knowledge fusion for technological innovation in organizations”, Journal of Knowledge Management, Vol. 12 No. 2, pp. 79-93.

Hu, L. and Randel, A.E. (2014), “Knowledge sharing in teams: social capital, extrinsic incentives, and team innovation”, Group & Organization Management, Vol. 39 No. 2, pp. 1-31

Ivancevich, John M., (2008). Human Resources Management. Edisi 10 Mc.Graw- Hill International. Inc. Singapura

Jakarta

Jasińska Monika, “Synergy - An Enhancement Of Learning Organisations Undergoing A Change” Siedlce University of Natural Sciences and Humanities, Faculty of Social Sciences, Konarskiego Street 2; 08-110 Siedlce, Poland

Mathis, R.L dan J.H Jackson. (2001). Manajemen Sumber Daya Manusia (Human Resource Manajemen). Edisi pertama. Jakarta: PT Salemba Empat

Mathis, R.L dan J.H Jackson. (2002). Manajemen Sumber Daya Manusia (Human Resource Manajemen). Edisi pertama. Jakarta: PT Salemba Empat

Mathis, R.L dan J.H Jackson., (2011). Human Resource Manajemen. Thirteen Edition, South Western Cengege Learning, 5191 Natorp Boulevard, Mason, OH 45040, USA.

McCormick, Earnest J. and Tiffin, 2002. Human Resource Management, Prentice- Hall, Singapore.

Milkovich, Geroge, T & Boudreau, John, W., (1996). Human Resource Management, Irwin Homewood, Boston.

Nasution, Harmaein, 2005. Proses Pengelolaan Sumber Daya Manusia, USU Press, Medan.

Nitisemito, A.S., (2002). Manajemen Personalia (Manajemen Sumber Daya Manusia), Galia Indonesia, Jakarta

Pandey, A., Gupta, V., & Gupta, R. K. (2019). Spirituality and innovative behaviour in teams: Examining the mediating role of team learning. IIMB Management Review, 31(2), 116-126. doi:10.1016/j.iimb.2019.03.013

Preacher, K. J., & Hayes, A. F. (2008a). Asymptotic and resampling strategiesfor assessing and comparing indirect effects in multiple mediator models. Behavior Research Methods, 40,879 891.

Rivai, Veithzal dan E.J. Sagala., (2011). Manajemen Sumber Daya Manusia untuk Perusahaan: dari Teori Ke Praktik, Edisi Pertama, Raja Grafindo Persada, Jakarta.

Salas, E. and Iwig, C. (2016), “Can teamwork enhance safety?”, Offshore Technology Conference, Houston, TX, doi: 10.4043/26986-MS

Santos-Vijande, M. L., & Alvarez- González L. I. (2007). Innovativeness and organizational innovation in total quality oriented firms: The moderating role of market turbulance. Technovation, 27(9), 514-532.doi:10.1016/j.technovation.2007.05.014

Somech, A. (2006), “The effects of leadership style and team process on performance and innovation infunctionally heterogeneous teams”, Journal of Management, Vol. 32 No. 1, pp. 132-157

Srivastava, A., Bartol, K. M., & Locke, E. A. (2006). Empowering Leadership in Management Teams Effects on Knowledge Sharing, Efficacy, And Performance. Academy of Management Journal, 49 (6), 1239-1251

Tang, C. and Naumann, S.E. (2016), “Team diversity, mood, and team creativity: the role of team knowledge sharing in chinese R&D teams”, Journal of Management and Organization, Vol. 22 No. 3, pp. 420-434

Wulandari, F., Ferdinand, A. T., & Dwiatmadja, C. (2018). Knowledge Sharing in a Critical Moment of Work. International Journal of Knowledge Management, 14(2), 88-98. doi:10.4018/ijkm.2018040

Downloads

Published

2025-07-07