PENGARUH HALAL AWARNESS, QUALITY DAN PRICE TERHADAP IMPULSE BUYING MAKANAN INSTAN DI KALANGAN MAHASISWA

Authors

  • Fauziah Andriany Hasibuan Universitas Islam Negeri Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan
  • Aliman Syahuri Zein Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam, Universitas Islam Negeri Syekh Ali Hasan Ahmad Addary
  • Nur Mutiah ) Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam, Universitas Islam Negeri Syekh Ali Hasan Ahmad Addary

DOI:

https://doi.org/10.24114/niaga.v14i2.67198

Keywords:

Halal awarness, Impulse Buying, Price, Quality

Abstract

Impulse buying adalah keputusan pembelian secara tiba-tiba, terburu-buru dan tanpa perencanaan karena ada dorongan keinginan dari konsumen yang tidak dapat dihindari disebabkan oleh ketertarikan konsumen terhadap produk yang ditawarkan maupun tergoda oleh pemasar.Perilaku impulse buying dapat dialami oleh setiap orang termasuk mahasiswa untuk berbelanja impulse buying pada produk makanan instan.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kesadaran halal (halal awarness), quality dan price terhadap pembelian impulse buying makanan instan di kalangan mahasiswa.Penelitian menggunakan metode kuantitatif dan analisis data yang digunakan adalah regresi linear berganda menggunakan perangkat lunak SPSS versi 26.Pengambilan sampel pada penelitian ini menggunakan teknik simple random sampling dengan jumlah sampel 99 orang yang ditentukan dengan menggunakan rumus slovin. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa variabel halal awarness berpengaruh  dan signifikan terhadap impulse buyingmakanan instan, variabel quality tidak berpengaruh dan tidak signifikan terhadap impulse buying makanan instan, variabel price berpengaruhdan signifikan terhadap impulse buying. Adapun secara simultan halal awarness, quality dan price berpengaruh secara simultan terhadap impulse buying Adapun secara diterminasi halal awarness, quality dan price mempengaruhi variabel impulse buying 28,4% dan sisanya di pengaruhi oleh variabel lain yang tidak termasuk dalam penelitian ini.Penelitian ini menunjukkan bahwa kesadaran halal (halal awarness), dan price merupakan faktor penting yang mempengaruhiimpulse buying makanan instan di kalangan mahasiswa.Dan quality tidak mempengaruhi impulse buying makanan instan di kalangan mahasiswa.

References

Abdul Manaf. (2016). Revolusi Manajemen Pemasaran. Mitra Wacana Media.

Ade Alawiyah. (2023). Hasil Wawancara. Mahasiswa UIN Syahada Padangsidimpuan.

Agustina Shinta. (2011). Manajemen Pemasaran. UB Press.

Akhmad Mujahidin. (2005). Etika Bisnis Dalam Islam Analisis Terhadap Aspek Moral Pelaku Pasar. IV(2), 21.

Alexander Thain. (2021). Ekonomi Syariah. ANDI.

Bunyamin. (2021). Manajemen Pemasaaran20. Literasi Nusantara Abadi.

D. Juni Priansa. (2017). Komunikasi Pemasaran Terpadu: Pada Era Media Sosial. Pustaka Setia.

Dede Jajang Suyaman. (2015). Kewirausahaan dan Industri Kreatif. Alfabeta.

Dwi Nurhayati. (2021). Literasi Ekonomi. Pena Persada.

Eis Al Masito. (2013). Upaya Menjaga Eksistensi Pasar Tradisional: Studi Revitalisasi Pasar Piyungan Bantul. 10(2).

Fauziah. (2022). Ekonomi Syariah. Media Sains Indonesia.

Gusti Bagus Arjana. (2018). Geografi Pariwisata Dan Ekonomi Kreatif. Rajawali Press.

Kotler. (2016). Proses Keputusan Pembelian Konsumen. Erlangga.

Kuncoro Mudrajat. (2019). Metode Penelitian Untuk Bisnis dan Ekonomi. Erlangga.

Kusuma Wijaya. (2021). Manajemen Pemasaran Lanjutan. Global Eksekutif Teknologi.

Lili Suryati. (2022). Manajemen Pemasaran: Suatu Strategi Dalam Meningkatkan Loyalitas Pelanggan. DEEPUBLISH.

Nana Herdiana Abdurrahman. (2015). Manajemen Strategi Pemasaran. Pustaka Setia.

Ujang Sarmawan. (2016). Riset Pemasaran dan Konsumen Seri 1. IPB Press.

Ujang Sumarwan. (2010). Perilaku Konsumen Teori dan Penerapannya dalam Pemasaran. Ghalia Indonesia.

Widya Siregar. (2023). Hasil Wawancara. Mahasiswa UIN Syahada Padangsidimpuan.

Downloads

Published

2025-07-07