FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI MINAT MAHASISWA BERWIRAUSAHA (STUDI KASUS MAHASISWA PENDIDIKAN EKONOMI YANG MENGIKUTI MATA KULIAH PRAKTIKUM KEWIRAUSAHAAN FAKULTAS EKONOMI UNIVERSITAS NEGERI MEDAN)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kepribadian dan lingkungan keluarga terhadap minat berwirausaha pada mahasiswa Jurusan Pendidikan Ekonomi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Medan. Penelitian ini dilakukan dengan metode kuesioner. Sampel penelitian ini adalah mahasiswa Semester Enam Jurusan Pendidikan Ekonomi Universitas Negeri Medan yang mengikuti kuliah praktikum kewirausahaan sebanyak 60 orang. Jenis datanya adalah data primer dengan teknik pengumpulan data kuesioner. Teknik analisis data menggunakan analisis regresi berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: kepribadian, dan lingkungan keluarga secara simultan tidak berpengaruh signifikan terhadap aktivitas berwirausaha mahasiswa Universitas Negeri Medan (8,07%). Secara parsial kepribadian tidak berpengaruh signifikan (2,24 %). Serta lingkungan keluarga berpengaruh signifikan ( 1,58%). Berdasarkan hasil penelitian, maka dapat disimpulkan bahwa kepribadian dan lingkungan keluarga secara simultan berpengaruh positif dan signifikan terhadap aktivitas berwirausaha mahasiswa. Secara parsial kepribadian berpengaruh positif dan signifikan terhadap aktivitas berwirausaha mahasiswa, sedangkan pendidikan kewirausahaan dan lingkungan keluarga berpengaruh positif namun tidak signifikan terhadap aktivitas berwirausaha mahasiswa.
Keywords: Kewirausahaan, minat, kepribadian, lingkungan keluargaFull Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.24114/niaga.v6i1.7083
Article Metrics
Abstract view : 492 timesPDF - 947 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2017 NIAGAWAN
NIAGAWAN by Program Studi Pendidikan Bisnis Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Medan is licensed under CC BY-NC 4.0