FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI MINAT MAHASISWA BERWIRAUSAHA (STUDI KASUS MAHASISWA PENDIDIKAN EKONOMI YANG MENGIKUTI MATA KULIAH PRAKTIKUM KEWIRAUSAHAAN FAKULTAS EKONOMI UNIVERSITAS NEGERI MEDAN)

Putri Kemala Dewi Lubis

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kepribadian dan  lingkungan keluarga terhadap minat berwirausaha pada mahasiswa Jurusan Pendidikan Ekonomi  Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Medan. Penelitian ini dilakukan dengan metode kuesioner. Sampel penelitian ini adalah mahasiswa  Semester Enam  Jurusan Pendidikan Ekonomi Universitas Negeri Medan yang mengikuti kuliah praktikum kewirausahaan sebanyak 60 orang. Jenis  datanya  adalah data primer dengan  teknik pengumpulan data kuesioner. Teknik analisis data menggunakan analisis regresi berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa:   kepribadian, dan lingkungan keluarga secara simultan tidak berpengaruh  signifikan terhadap aktivitas berwirausaha mahasiswa Universitas Negeri Medan (8,07%). Secara parsial kepribadian  tidak berpengaruh  signifikan (2,24 %). Serta lingkungan keluarga berpengaruh  signifikan ( 1,58%). Berdasarkan hasil penelitian, maka dapat disimpulkan bahwa kepribadian dan lingkungan keluarga secara simultan berpengaruh positif dan signifikan terhadap aktivitas berwirausaha mahasiswa. Secara parsial kepribadian berpengaruh positif dan signifikan terhadap aktivitas berwirausaha mahasiswa, sedangkan pendidikan kewirausahaan dan lingkungan keluarga berpengaruh positif namun tidak signifikan terhadap aktivitas berwirausaha mahasiswa.

Keywords: Kewirausahaan, minat, kepribadian, lingkungan keluarga

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.24114/niaga.v6i1.7083

Article Metrics

Abstract view : 471 times
PDF - 931 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
NIAGAWAN is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.