PENGARUH MOTIVASI BELAJAR DAN KEPERCAYAAN DIRI SISWA TERHADAP PRESTASI BELAJAR

Noni Rozaini, Sandra Dwi Anti

Abstract


Masalah dalam penelitian ini adalah apakah terdapat pengaruh motivasi belajar dan kepercayaan diri siswa terhadap prestasi belajar ekonomi siswa kelas XI SMA Swasta Raksana Medan Tahun Pelajaran 2015/2016. Penelitian ini dilaksanakan di SMA Swasta Raksana Medan yang beralamat di Jln. Gajah Mada No.20.populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IPS SMA Swasta Raksana Medan Tahun Pelajaran 2015/2016. Teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah total sampling yaitu seluruh bagian dari populasi yang berjumlah 89 orang, dan instrumen yang digunakan untuk mengukur motivasi belajar dan kepercayaan diri berupa angket. Hasil analisi regresi linear berganda diperoleh persamaan garis linear Y=28.013+0,234 X1+0,458 X2. Teknik analisis data yang digunakan adalah dengan uji t pada taraf signifikan alpha 5% hasil yang diperoleh menunjukkan motivasi belajar berpengaruh secara signifikan terhadap prestasi belajar dimana nilai thitung>ttabel (2,151>1,662).Dan kepercayaan diri berpengaruh sacara signifikan terhadap prestasi belajar thitung>ttabel (3,337>1,662). Hasil yang diperoleh dari uji F menunjukkan bahwa variabel motivasi belajar dan kepercayaan diri siswa berpengaruh positif dan signifikan terhadap prestasi belajar ekonomi siswa kelas XI IPS SMA Swasta Raksana Medan dengan nilai Fhitung>Ftabel (21,783>3,10). Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa motivasi belajar dan kepercayaan diri siswa berpengaruh terhadap prestasi belajar ekonomi siswa kelas XI IPS SMA Swasta Raksana Medan.

 

Keyword: motivasi belajar, kepercayaan diri,, dan prestasi belajar ekonomi siswa.


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.24114/niaga.v6i2.8335

Article Metrics

Abstract view : 4517 times
PDF - 4408 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
NIAGAWAN is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.