PENGARUH MOTIVASI BELAJAR TERHADAP PRESTASI (STUDI KASUS TENTANG PEMBELAJARAN MANDIRI MATA KULIAH MATEMATIKA EKONOMI DAN BISNIS

Putri Kemala Dewi Lubis

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Bagaimana motivasi mahasiswa kelas B semester satu Prodi Pendidikan Akuntansi tentang pembelajaran mandiri pada mata kuliah matematika ekonomi. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan angket dan dokumentasi sebagai metode pokok, sedangkan observasi sebagai metode pendukung. Subjek penelitian sebanyak 33 responden dan merupakan penelitian populasi. Data yang diperoleh dari angket dan dokumentasi kemudian dianalisis dengan menggunakan metode kuntitatif dengan menggunakan regresi linier sederhana. Hasil pengujian hipotesis menunjukkan bahwa nilai t-hitung lebih besar dari nilai t-tabel dengan tingkat signifikansi 0,05. Nilai t-hitung sebesar 2,895 sedangkan nilai t-tabel sebesar 2,042 (2,895 > 2,042) maka Ho ditolak artinya bahwa ada pengaruh yang positif antara motivasi belajar dengan prestasi belajar secara mandiri pada mahasiswa pendidikan akuntansi.

 

Keyword : Motivasi belajar, prestasi, pembelajaran mandiri

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.24114/niaga.v6i2.8336

Article Metrics

Abstract view : 511 times
PDF - 937 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
NIAGAWAN is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.