PENGEMBANGAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS KOOPERATIF
DOI:
https://doi.org/10.24114/niaga.v6i2.8337Abstract
Pemahaman terhadap manajemen modal dalam perusahaan ini menjadi dasar bagi mahasiswa dalam mengatur perputaran modal kerja dalam suatu entitas bisnis, sehingga memberikan kemudahan bagi mahasiswa untuk diterima dalam dunia kerja. Saat ini kemampuan kognitif saja tidak begitu atau kurang berperan di dunia kerja. Orang yang pintar belum tentu mampu berkerja secara team selain itu belum tentu memiliki afektif dan keterampilan yang menunjang keberhasilan kerja team (Junaidi, 2009). Model pembelajaran kooperatif pada dasarnya memberikan ruang yang lebih luas kepada mahasiswa untuk bereksplorasi dan saling bekerjasama. Dengan pembelajaran kooperatif mahasiswa didorong bekerja sama secara maksimal. Kerjasama di sini adalah setiap anggota kelompok harus saling membantu menguasai bahan ajar. Bagi mahasiswa yang memiliki kemampuan tinggi harus membantu teman sekelompoknya yang memiliki kemampuan rendah, karena penilaian akhir ditentukan oleh keberhasilan kelompok. Penelitian ini dilakukan pada Universitas Negeri Medan. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan observasi, wawancara, kuesioner dan documenter. Observasi dilakukan dengan melihat secara langsung proses belajar mengajar pada mata kuliah manajemen keuangan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran Manajemen keuangan yang dilakukan dosen pada konsepnya sudah menggunakan model pembelajaran kooperatif. Model Pembelajaran kooperatif yang diterapkan masih belum effektif terlihat dari hasil evaluasi mahasiswa yang masih rendah. Perlu adanya pengembangan model pembelajaran kooperatif yang sudah diterapkan pada bagian “ bagian ; pembentukan kelompok diskusi, pemberian tugas dan kuis disetiap materi, pemberitahuan/pengumuman atas hasil tugas dan kuis serta memberikan hadiah bagi yang menjawab dengan benar dan tepat waktu, serta adanya penggunaaan lembar kegiatan mahasiswa. Rancangan Pengembangan model pembelajaran yang dirancang peneliti menggunakan pengembangan pada model pembelajaran Student Teams Achievement Division (STAD) Keywords: Model Pembelajaran Kooperatif, Kelompok DiskusiDownloads
Published
2017-10-31
Issue
Section
Articles
License
Authors who publish in this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication, with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share and adapt the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors can enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work, with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online before and during the submission process, as it can lead to productive exchanges and earlier and greater citation of published work. Where authors include such work in an institutional repository or on their website, we request that they include a statement acknowledging the Jurnal Perspektif Pembiayaan dan Pembangunan Daerah, including the name of the journal, the volume number, and a web link to the journal item.
- Authors should be aware that the Creative Commons Attribution 4.0 International License (CC BY 4.0) permits readers to share (copy and redistribute the work in any medium or format) and adapt (remix, transform, and build upon the work) for any purpose, even commercially, provided they also give appropriate credit to the work, provide a link to the license, and indicate if changes were made. They may do these things reasonably but not in any way that suggests the author or the publisher endorses their use.
NIAGAWAN by Program Studi Pendidikan Bisnis Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Medan is licensed under CC BY-NC 4.0