MODEL PENGEMBANGAN KBK BERORIENTASI KKNI DAN PENDIDIKAN KARAKTER BUDAYA AKADEMIK DI FAKULTAS EKONOMI UNIVERSITAS NEGERI MEDAN
DOI:
https://doi.org/10.24114/niaga.v6i2.8579Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk memperbaiki kualitas pendidikan dan pembelajaran melalui pengembangan KBK berorintasi KKNI dan pendidikan karakter budaya akademik. Secara khusus tujuan penelitian ini adalah : Mengembangkan model perancangan KBK berorientasi KKNI dan pendidikan karakter budaya akademik di FE Unimed yang meliputi beberapa tahapan yaitu : a). menyusun capaian pembelajaran fakultas (Faculty Learning Outcames) yang diturunkan dari visi dan misi fakultas yang mengandung profil umum lulusan sebagai competitive dan comparative advantage dari Fakultas Ekonomi. Capaian pembelajaran FE berorientasi KKNI dan lebih menampilkan Karakter Budaya Akademik yang harus dimiliki lulusan. b). merumuskan profil lulusan program studi. c). Perumusan standar kompetensi lulusan, yaitu menentukan kompetensi apa yang harus dimiliki oleh mahasiswa setelah lulus program studi tertentu di FE Unimed berdasarkan profil yang telah ditetapkan. d). perumusan capaian pembelajaran program studi (program learning outcomes/PLO). Capaian pembelajaran dirumuskan berdasarkan hasil tracer study (study pelacakan) dan analisis kebutuhan dunia kerja yang terkait dengan kompetensi yang dibangun, serta jenjang kualifikasi yang diacu dari KKNI, e). capaian pembelajaran mata kuliah (Course learning outcomes/CLO), yaitu dengan menjawab pertanyaan apa yang akan mahasiswa ketahui dan apa yang dapat dilakukan mahasiswa diakhir perkuliahan. f). merumuskan konsep kunci dan kata kunci capaian pada capaian pembelajaran mata kuliah. Mengembangkan model pendidikan karakter budaya akademik di FE Unimed. Pendekatan dalam penelitian ini adalah pendekatan penelitian dan pengembangan (R&D), digunakan juga kombinasi penelitian kualitatif dan kuantitatif. Sedangkan metode yang digunakan adalah metode penelitian campuran yaitu metode deskriptif “ eksploratif yang digunakan untuk mengidentifikasi berbagai gejala dan akar permasalahan yang terjadi dalam pengembangan KBK berorientasi KKNI dan pendidikan karakter budaya akademik. Key Words : Model pengembangan KBK, KKNI dan Pendidikan KarakterDownloads
Published
2017-10-31
Issue
Section
Articles
License
Authors who publish in this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication, with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share and adapt the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors can enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work, with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online before and during the submission process, as it can lead to productive exchanges and earlier and greater citation of published work. Where authors include such work in an institutional repository or on their website, we request that they include a statement acknowledging the Jurnal Perspektif Pembiayaan dan Pembangunan Daerah, including the name of the journal, the volume number, and a web link to the journal item.
- Authors should be aware that the Creative Commons Attribution 4.0 International License (CC BY 4.0) permits readers to share (copy and redistribute the work in any medium or format) and adapt (remix, transform, and build upon the work) for any purpose, even commercially, provided they also give appropriate credit to the work, provide a link to the license, and indicate if changes were made. They may do these things reasonably but not in any way that suggests the author or the publisher endorses their use.
NIAGAWAN by Program Studi Pendidikan Bisnis Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Medan is licensed under CC BY-NC 4.0