ANALISIS IMPLEMENTASI KURIKULUM BERBASIS KKNI DI FAKULTAS EKONOMI UNIMED
DOI:
https://doi.org/10.24114/niaga.v7i1.9349Abstract
Berkaitan dengan pelaksanaan kurikulum yang tidak berjalan dengan baik dan tidak menghasilkan kompetensi lulusan sesuai dengan profil lulusan, maka maka diterbitkan Peraturan Pemerintah No. 08 Tahun 2012 dan UU Perguruan Tinggi No 12 Tahun 2012 tentang kurikulum S1 Berbasis Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia (KKNI) yang mengacu pada capaian pembelajaran profil lulusan. Dengan adanya KKNI diharapkan dapat perguruan tinggi dapat menghasilkan lulusan sesuai kebutuhan pasar dan dapat bersaing secara lebih luas. Penelitian ini dilakukan dengan metode diskusi kelompok (focus group discussion), angket dan studi kepustakaan. Sedangkan alat analisis yang digunakan adalah statistik deskriptif kuantitatif. Dari hasil analisis diperoleh gambaran sebagai berikut: (1) secara keseluruhan terdapat dosen pengampu mata kuliah yang tidak memberikan secara lengkap 6 (enam) jenis tugas (4.41%) dan tugas RI merupakan jenis tugas yang banyak jumlah tidak diberikan dosen, (2) Ditinjau dari masing-masing prodi, terlihat bahwa hanya program studi Pendidikan Ekonomi dan Manajemen yang dosennya secara lengkap telah memberikan 6 (enam) jenis tugas, (3) Secara keseluruhan dosen dalam menjelaskan cara mengerjakan tugas dikategorikan pada level dipahami mahasiswa (90,8%), demikian juga keadaannya apabila dilihat berdasarkan masing-masing prodi, (4) Secara keseluruhan sumber referensi yang diberikan dosen pada saat perkuliahan berlangsung dikategorikan relevan (92,8%), demikian juga keadaannya apabila dilihat berdasarkan masing-masing prodi, (5) Secara keseluruhan dosen menjelaskan rubrik penilaian pada saat perkuliahan berlangsung dikategorikan pada tingkat dipahami (83,8%), demikian juga keadaannya apabila dilihat berdasarkan masing-masing prodi, (6) Secara keseluruhan masih terdapat dosen yang belum secara jelas menetapkan waktu pengumpulan tugas, sedangkan ditinjau dari masing-masing prodi hanya dosen-dosen prodi Manajemen yang ntelah memberikan kejelasan waktu pengumpulan tugas. Keywords: KKNI, Profil Lulusan, Perguruan TinggiDownloads
Published
2018-03-31
Issue
Section
Articles
License
Authors who publish in this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication, with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share and adapt the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors can enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work, with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online before and during the submission process, as it can lead to productive exchanges and earlier and greater citation of published work. Where authors include such work in an institutional repository or on their website, we request that they include a statement acknowledging the Jurnal Perspektif Pembiayaan dan Pembangunan Daerah, including the name of the journal, the volume number, and a web link to the journal item.
- Authors should be aware that the Creative Commons Attribution 4.0 International License (CC BY 4.0) permits readers to share (copy and redistribute the work in any medium or format) and adapt (remix, transform, and build upon the work) for any purpose, even commercially, provided they also give appropriate credit to the work, provide a link to the license, and indicate if changes were made. They may do these things reasonably but not in any way that suggests the author or the publisher endorses their use.
NIAGAWAN by Program Studi Pendidikan Bisnis Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Medan is licensed under CC BY-NC 4.0