PENGARUH MATA KULIAH KOMUNIKASI BISNIS DAN MOTIVASI BERWIRAUSAHA TERHADAP MINAT BERWIRAUSAHA MAHASISWA PROGRAM STUDI PENDIDIKAN TATA NIAGA 2013 UNIVERSITAS NEGERI MEDAN
DOI:
https://doi.org/10.24114/niaga.v7i1.9351Abstract
Masalah dalam penelitian ini adalah apakah ada pengaruh yang positif dan signifikan antara Mata Kuliah Komunikasi Binsis dan Motivasi Berwirausaha terhadap Minat Berwirausaha mahasiswa Pendidikan Tataniaga Fakultas Ekonomi Unimed Stambuk 2013. Penelitian ini dilaksanakan di Fakultas Ekonomi Unimed yang beralamat di Jl. Willem Iskandar, Pasar V Medan Estate. Jenis penelitian ini adalah expost facto. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh mahasiswa Pendidikan Tataniaga yang berjumlah 108 orang. Sampel penelitian ini adalah 81 mahasiswa yang diambil dengan menggunakan teknik pengambilan sampel secara Random sampling. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, wawancara, dan angket. Untuk uji instrument peneliti menggunakan uji validitas uji realibilitas. Untuk menganalisis data penulis menggunakan persamaan regresi berganda dan untuk menguji hipotesis dengan rumus uji t dan uji f serta koefisien determinasi ( ). Berdasarkan hasil analisis regresi linear berganda diperoleh persamaan garis secara linear Hasil analisis uji t untuk variabel mata kuliah komunikasi bisnis (X1) diperoleh nilai > (6,846> 1,664) Dengan demikian, maka hipotesis pertama diterima yang berarti ada pengaruh positif dan signifikan antara nilai mata kuliah komunikasi bisnis(X1) terhadap minat berwirausaha (Y). Untuk variabel motivasi berwirausaha (X2) diperoleh nilai < (0,619< 1,664), dengan demikian, maka hipotesis kedua ditolak yang berarti tidak ada pengaruh positif dan signifikan antara motivasi berwirausaha (X2) terhadap minat berwirausaha (Y). Berdasarkan uji f diperoleh bahwa (40,501> 3,11). Dengan demikian, maka hipotesis ketiga diterima yang berarti ada ada pengaruh yang positif dan signifikan antara mata kuliah komunikasi bisnis dan motivasi berwirausaha terhadap minat berwirausaha mahasiswa Pendidikan Tataniaga Fakultas Ekonomi Unimed Stambuk 2013. Kata Kunci :komunikasi bisnis, motivasi berwirausaha, minat berwirausahaDownloads
Published
2018-03-31
Issue
Section
Articles
License
Authors who publish in this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication, with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share and adapt the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors can enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work, with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online before and during the submission process, as it can lead to productive exchanges and earlier and greater citation of published work. Where authors include such work in an institutional repository or on their website, we request that they include a statement acknowledging the Jurnal Perspektif Pembiayaan dan Pembangunan Daerah, including the name of the journal, the volume number, and a web link to the journal item.
- Authors should be aware that the Creative Commons Attribution 4.0 International License (CC BY 4.0) permits readers to share (copy and redistribute the work in any medium or format) and adapt (remix, transform, and build upon the work) for any purpose, even commercially, provided they also give appropriate credit to the work, provide a link to the license, and indicate if changes were made. They may do these things reasonably but not in any way that suggests the author or the publisher endorses their use.
NIAGAWAN by Program Studi Pendidikan Bisnis Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Medan is licensed under CC BY-NC 4.0