PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN BERORIENTASI KKNI PADA MATA KULIAH EKONOMI SYARIAH
DOI:
https://doi.org/10.24114/niaga.v7i1.9354Abstract
Perguruan tinggi dalam dua tahun terkhir ini diwajibkan untuk menyesuaikan kurikulum dengan Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia, termasuk pada mata kuliah Ekonomi Syariah. Menyikapi hal tersebut, Universitas Negeri Medan (UNIMED) mewajibkan pelaksanaan enam tugas kepada mahasiswa, yaitu Tugas Rutin (TR), Critical Book Review (CBR), Journal Review (JR), Miniriset (MR), Rekayasa Ide (RI), dan Projek (PR). Untuk mengimplementasikan kebijakan tersebut tentunya dibutuhkan penyesuaian pada desain pembelajaran agar sesuai dengan karakteristik peserta didik dan karakteristik mata kuliah, terutama pada mata kuliah Ekonomi Syariah yang memiliki keunikan tersendiri dibanding dengan mata kuliah lainnya. Selanjutnya desain pembelajaran idealnya dibakukan dalam Satuan Acara Perkuliahan (SAP). Secara khusus penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan perangkat pembelajaran (SAP) Ekonomi Syariah yang mengacu pada Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia (KKNI) di prodi Pendidikan Ekonomi. Luaran penelitian ini berupa perangkat pembelajaran Ekonomi Syariah berkualifikasi KKNI yang sesuai dengan karakteristik mahasiswa di jenjang sarjana. Populasi penelitian ini mahasiswa Pendidikan Ekonomi, sementara sampelnya mahasisswa Pendidikan Ekonomi yang sedang mengambil mata kuliah Ekonomi Syariah yang dipilih dengan teknik penyampelan bertujuan. Penelitian dioperasionalkan dengan tahap pengembangan yang mengacu pada Plomp dan Nieveen (2010), yaitu: tahap investigasi awal, desain, realisasi, dan tahap tes validitas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perangkat pembelajaran yang dikembangkan telah mempunyai nilai validitas, kepraktisan, dan keefektifan yang tinggi. Hal ini terlihat dari pendapat validator, respons dosen, dan respons mahasiswa. Respon mahasiswa mengindikasikan bahwa mereka dapat mengikuti pembelajaran dengan baik, dapat menyelesaikan enam tagihan yang ditugaskan, dan aktivitas belajar semakin baik karena bertambahnya wawasan mahasiswa sebagai modal untuk berdiskusi di kelas. Kecocokan pemilihan materi dan tugas yang diberikan menjadi aspek utama untuk meningkatkan kinerja kegiatan belajar mengajar. Kata kunci: KKNI, ekonomi syariah, desain pembelajaran, perangkat pembelajaranDownloads
Published
2018-03-31
Issue
Section
Articles
License
Authors who publish in this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication, with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share and adapt the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors can enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work, with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online before and during the submission process, as it can lead to productive exchanges and earlier and greater citation of published work. Where authors include such work in an institutional repository or on their website, we request that they include a statement acknowledging the Jurnal Perspektif Pembiayaan dan Pembangunan Daerah, including the name of the journal, the volume number, and a web link to the journal item.
- Authors should be aware that the Creative Commons Attribution 4.0 International License (CC BY 4.0) permits readers to share (copy and redistribute the work in any medium or format) and adapt (remix, transform, and build upon the work) for any purpose, even commercially, provided they also give appropriate credit to the work, provide a link to the license, and indicate if changes were made. They may do these things reasonably but not in any way that suggests the author or the publisher endorses their use.
NIAGAWAN by Program Studi Pendidikan Bisnis Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Medan is licensed under CC BY-NC 4.0