PENGARUH SUPERVISI PEMBELAJARAN KEPALA SEKOLAH, KEPUASAN KERJA, DAN MOTIVASI KERJA TERHADAP SEMANGAT KERJA GURU SEKOLAH LUAR BIASA DI KOTA MEDAN
Abstract
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh: (1) supervisi pembelajaran kepala sekolah terhadap motivasi kerja; (2) kepuasan kerja terhadap motivasi kerja; (3) supervisi pembelajaran kepala sekolah terhadap semangat kerja produktif; (4) kepuasan kerja terhadap semangat kerja produktif; dan (5) motivasi kerja terhadap semangat kerja produktif. Subjek penelitian adalah guru Sekolah Luar Biasa di Kota Medan dengan jumlah sampel sebanyak 87 orang. Metode penelitian bersifat analisis jalur yang bertujuan untuk menguji teori dan memperoleh informasi tentang penelitian. Berdasarkan pengujian hipotesis dapat disimpulkan: (1) terdapat pengaruh langsung supervisi pembelajaran kepala sekolah dengan motivasi kerja); (2) terdapat pengaruh langsung kepuasan kerja dengan motivasi kerja (3) terdapat pengaruh langsung supervisi pembelajaran kepala sekolah dengan semangat kerja produktif (4) terdapat pengaruh langsung kepuasan kerja dengan semangat kerja produktif; dan (5) terdapat pengaruh langsung motivasi kerja terhadap semangat kerja produktif. Hasil penelitian memberikan gambaran supervisi pembelajaran kepala sekolah, kepuasan kerja, dan motivasi kerja mempengaruhi semangat kerja sebesar 35,5% dan sisanya ditentukan keadaan lain.
Kata Kunci: Supervisi, Kepuasan Kerja, Motivasi Kerja, Semangat Kerja.
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.24114/pelangi.v21i1.2740
Article Metrics
Abstract view : 220 timesPDF - 2 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.