KEEFEKTIFAN PELAKSANAAN TUGAS SUPERVISOR DAN PEMANFAATAN INSTRUMEN SEKOLAH OLEH GURU DI SMAN/SMKN KOTA MEDAN

Esron Saragi, Supriliwati, Herlina, Parl

Abstract


Abstrak

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan bagaimana pelaksanaan tugas supervisor dan pemanfaatan instrumen oleh guru di SMA/SMK di kota Medan. Populasi penelitian adalah seluruh guru SMA/SMK di kota Medan.Dimana sampel penelitian ditentukanl sebanyak 218 orang guru yang berasal dari 5 SMA/SMK di kota Medan antara lain: SMAN 1 Medan, SMAN 10 Medan,SMA Santo Thomas 1 Medan, SMKN 8 Medan, dan SMK Dwi Warna Medan. Berdasarkan data penelitian, hasil analisis deskriptif menunjukkan bahwa indikator: (a) supervisor sebagai partner dengan kategori Efektif 76,27%, sebagai motivator dengan kategori Efektif 75,69%, sebagai inovator dengan kategori Efektif 75,12%, sebagai konsultan dengan kategori Efektif 61,75%, dan sebagai konselor dengan kategori Efektif 80,65%. (b) pemanfaatan instrumen pustaka dengan kategori Sangat Efektif 84,68%, pemanfaatan instrumen IT dengan kategori Efektif 78,46%, pemanfaatan instrumen mobiler dengan kategori Efektif 80,65%, pemanfaatan instrumen laboratorium dengan kategori Efektif 83,18%, dan pemanfaatan instrumen internet dengan kategori Efektif 82,37%. Secara keseluruhan: (1) aspek pelaksanaan tugas supervisor rata-rata dominan pada kategori Efektif 66,36%. Sementara (2) aspek pemanfaatan instrumen oleh guru rata-rata dominan pada kategori Efektif 61,29%.

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.24114/pelangi.v21i1.2742

Article Metrics

Abstract view : 211 times
PDF - 3 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.