PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN PADA KOMPETENSI AUTOCAD SISWA SMK NEGERI 1 LUBUK PAKAM

Afriandi Siahaan

Abstract


Abstrak

Penelitian ini bertujuan (1) menghasilkan modul pembelajaran autocad jurusan teknik gambar bangunan siswa tingkat II SMK, (2) melihat efektifitas modul hasil pengembangan untuk pembelajaran Autocad. Metode penelitian adalah Research and Development. Pengembangan bahan ajar dilakukan dengan model Dick and Carey. Pengembangan modul mengacu pada teori Mourdel. Pengumpulan Data menggunakan angket, observasi, interview, dokumentasi, dan data hasil belajar menggunakan pretes dan postes. Analisis data observasi, angket, interview menggunakan pendekatan kualitatif sedangkan analisis data hasil belajar dilakukan dengan menggunakan analisis kuantitatif. Untuk melihat efektifitas pembelajaran dengan menggunakan modul dilakukan dengan uji t. Subjek penelitian ada 2 orang guru, 31 siswa sebagai kelas eksperimen, dan 31 siswa dengan kelas metode konvensional.

 

Kata Kunci: Pengembangan modul pembelajaran, hasil belajar autocad

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.24114/pelangi.v21i2.2751

Article Metrics

Abstract view : 166 times
PDF - 6 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.