PENGEMBANGAN MEDIA VIDEO PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH MATERI PECAHAN PADA SISWA KELAS IV SEKOLAH DASAR
Abstract
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan (1) pembelajaran video dengan pembelajaran berbasis masalah yang sesuai dengan kebutuhan siswa dan guru dan (2) mengetahui kenaikan hasil belajar siswa dengan menggunaan media pembelajaran video pembelajaran berbasis masalah. Penelitian ini digolongkan kedalam jenis penelitian dan pengembangan pendidikan modifikasi Gall & Borg. Sampel uji coba pada siswa kelas IVA berjumlah 33 siswa dan sampel uji t menggunakan 2 kelas, yaitu kelas kontrol dan kelas perlakuan. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah (1) lembar validasi ahli media, (2) Tes hasil belajar, (3) Angket guru, dan (4) angket siswa. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Hasil pemberian angket kelayakan video pembelajaran ditinjau dari pendapat guru memperoleh persentase rerata skor 90% yang berada dalam kategori “sangat baik”. (2) hasil pemberian angket kelayakan video pembelajaran ditinjau dari pendapat siswa memperoleh rerata skor 94% yang berada dalam kategori “sangat baik”, (3) hasil belajar siswa kelas eksperimen meningkat sebesar 25,10% dan hasil belajar kelas kontrol meningkat sebesar 11,81% (4) Pengujian hipotesis menerima Ha yaitu penggunaan media video pembelajaran berbasis masalah lebih baik hasil belajar dibanding tidak menggunakan media video.
Kata Kunci : Video pembelajaran, pembelajaran berbasis masalah, hasil belajar
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.24114/pelangi.v21i2.2752
Article Metrics
Abstract view : 2263 timesPDF - 70 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.