PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS PROYEK UNTUK MENINGKATAN HASIL BELAJAR MEKANIKA TEKNIK I PROGRAM STUDI TEKNIK BANGUNAN

Nono Sebayang

Abstract


Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar mahasiswa pada mata kuliah Mekanika Teknik I melalui penerapan pembelajaran berbasis proyek. Penerapan pembelajaran berbasis proyek didasari pada pendekatan belajar kooperatif dalam diskusi kelompok kecil dengan menggunakan bahan ajar sebagai panduannya di dalam kelas. Subyek penelitan adalah seluruh mahasiswa Program Studi Teknik Bangunan FT Unimed yang sedang mengikuti mata kuliah Mekanika Teknik I semester Ganjil T.A.2009-2010. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas yang mana peneliti sebagai partisipan terlibat secara langsung dalam penelitian. Setiap siklus mencakup aktivitas: (1) Perencanaan, (2) Tindakan, (3) Observasi, dan (4) Refleksi atau evaluasi. Ada dua macam hasil yang diharapkan yaitu: peningkatan hasil pembelajaran dan peningkatan mutu pembelajaran melalui penerapan model. Hasil penelitian ini  ditemukan cara mengatasi kesulitan-kesulitan belajar mahasiswa dalam pembelajaran Mekanika Teknik I dan meningkatkan hasil belajar siswa. Membantu tim dosen pengampu mata kuliah Mekanika Teknik I untuk meningkatkan mutu pembelajaran secara sistematis dan terencana sehingga mutu pembelajaran meningkat.

 

Kata Kunci : Model Pembelajaran,  PBP, Prestasi Belajar

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.24114/pelangi.v21i2.2753

Article Metrics

Abstract view : 253 times
PDF - 1 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.