PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN THINK–PAIR-SHARE DENGAN BANTUAN SOFTWARE WINGEOM TERHADAP KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS DAN KEMANDIRIAN BELAJAR

Regina Sabariah Sinaga, Hasratuddin, Ida Karnasih,

Abstract


Abstrak

Tujuan penelitian untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran berbantuan software Wingeom terhadap kemampuan komunikasi matematis dan kemandirian belajar siswa. Jenis penelitian adalah kuasi eksperimen. Instrumen yang digunakan yaitu tes kemampuan komunikasi matematis dan angket sikap kemandirian belajar. Peningkatan kemampuan komunikasi matematis dan kemandirian belajar dianalisis dengan menggunakan gain ternormalisasi dan kemudian dilanjutkan dengan ANAVA dua jalur. Pengaruh model pembelajaran berbantuan software Wingeom terhadap kemampuan komunikasi matematis dan kemandirian belajar ditentukan dengan menggunakan analisis regresi. Hasil penelitian menunjukkan: (1) Peningkatan kemampuan komunikasi matematis siswa yang diajar dengan TPS berbantuan Wingeom lebih baik daripada yang diajar dengan model biasa, (2) peningkatan kemandirian belajar siswa yang diajar dengan TPS berbantuan Wingeom lebih baik daripada siswa yang diajar dengan model biasa,  (3) tidak terdapat interaksi antara kemampuan awal terhadap model pembelajaran think-pair-share dan kemampuan komunikasi matematis siswa, (4) tidak terdapat interaksi antara kemampuan awal terhadap model pembelajaran think-pair-share dan kemandirian belajar siswa.

 

Kata Kunci: komunikasi matematis, kemandirian belajar, think-pair-share

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.24114/pelangi.v21i2.2755

Article Metrics

Abstract view : 184 times
PDF - 0 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.