KEEFEKTIFAN GURU SMA DAN SMK DI KOTA MEDAN
Abstract
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk: mendeskripsikan bagaimana keefektifan guru di SMA dan SMK di Kota Medan. Populasi penelitian ini adalah seluruh guru SMA dan SMK di Kota Medan. Berdasarkan karakteristik populasi ditetapkan sampel sebanyak 215 guru yang tersebar pada lima sub populasi yaitu SMAN 1 Medan, SMAN 10 Medan, SMKN 8 Medan, SMK Dwi Warna Medan dan SMA Santo Tomas Medan. Instrument penelitian menggunakan angket/kuesioner. Berdasarkan data penelitian, hasil perhitungan dan analisis dapat disimpulkan sebagai berikut: (1) aspek keterampilan pembuatan perencanaan pembelajaran berkategori baik sekali yang ditunjukan dengan persentase rata-rata 91.50%, (2) aspek penanaman nilai karakter kepada siswa berkategori baik sekali yang ditunjukan dengan persentase rata-rata 91.75%, (3) aspek keterampilan evaluasi hasil belajar siswa berkategori amat baik yang ditunjukan dengan persentase rata-rata 82%, (4) aspek pembuatan dan publikasi karya tulis ilmiah berkategori cukup yang ditunjukan dengan persentase rata-rata 46.50%, (5) aspek pembuatan media pembelajaran berbasis ICT berkategori baik yang ditunjukan dengan persentase rata-rata 61%.
Kata Kunci: perencanaan pembelajaran, karakter, evaluasi, media pembelajaran.
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.24114/pelangi.v21i2.2757
Article Metrics
Abstract view : 140 timesPDF - 5 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.