PENGARUH KEMAMPUAN AWAL DAN PEMBERIAN TUGAS TERHADAP HASIL BELAJAR MEKANIKA TEKNIK MAHASISWA PENDIDIKAN TEKNIK BANGUNAN FT UNIMED

Nono Sebayang

Abstract


ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode pemberian tugas, kemampuan awal dan interaksi terhadap hasil belajar Mekanika Teknik. Penelitian dilakukan pada mahasiswa jurusan Pendidikan Teknik Bangunan (PTB) FT Unimed. Sample diambil secara acak sebayak dua kelas dari 4 kelas. Metode penelitian yaitu quasi eksperiment dengan desain factorial 2x2. Hasil penelitian menunjukkan: pertama, hasil belajar Mekanika Teknik mahasiswa yang dibelajarkan dengan metode pemberian tugas individu lebih tinggi dari pada yang dibelajarkan dengan pemberian tugas kelompok. Kedua,  hasil belajar Mekanika Teknik mahasiswa yang memiliki kemampuan awal  tinggi lebih baik dari pada yang memiliki kemampuan awal rendah. Ketiga, terdapat interaksi antara metode pemberian tugas dan kemampuan awal  terhadap hasil belajar Mekanika Teknik. Uji lanjut menggunakan uji Tuckey diperoleh hasilnya, bahwa hasil belajar Mekanika Teknik dengan kemampuan awal tinggi yang menggunakan metode pemberian tugas  individu  lebih  tinggi  hasil  belajarnya  dengan kemampuan awal tinggi yang menggunakan metode pemberian tugas kelompok. Mahasiswa yang  memiliki  kemampuan awal rendah yang menggunakan metode pemberian tugas  individu  lebih  rendah  hasil  belajarnya  dibandingkan  dengan  metode pemberian  tugas  kelompok dengan kemampuan awal rendah tidak mempengaruhi hasil belajar mata kuliah Mekanika Teknik pada Mahasiswa JPTB Fakultas Teknik Unimed.

 

Kata Kunci :  Kemampuan Awal, Pemberian Tugas, Hasil Belajar.

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.24114/pelangi.v22i1.2759

Article Metrics

Abstract view : 209 times
PDF - 3 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.