PENGARUH PENERAPAN PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL TERHADAP HASIL BELAJAR ILMU BAHAN BANGUNAN SISWA SMK NEGERI 1 LINTONGNIHUTA

Zukifli Matondang, Lizon Muctar Nababan,

Abstract


Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk melihat perbedaan hasil belajar antara siswa yang diajarkan dengan pembelajaran kontekstual dengan hasil belajar siswa yang diajarkan dengan strategi pembelajaran konvensional pada kelas X Program Keahlian Konstruksi Batu Beton SMK Negeri 1 Lintongnihuta TA 2014/2015. Penelitian dilaksanakan semester genap, pada dua kelas yaitu kelas eksperimen dan kelas kontrol yang masing-masing kelas berjumlah 30 orang siswa. Penelitian ini menggunakan desain penelitian quasy eksperimental. Perhitungan hasil uji coba instrumen, dari 32 soal diperoleh 28 soal yang valid dan4 soal yang tidak valid. Indeks kesukaran soal diperoleh 30 soal dalam kategori sedang dan 2 soal dalam kategori mudah. Daya beda soal diperoleh 2 butir soal dalam kategori jelek,  9 butir soal dalam kategori cukup, terdapat 18 butir soal dalam kategori baik, dan 3 butir soal dalam kategori sangat baik. Uji reliabilitas diperoleh 0,926 dengan kategori sangat tinggi. Dari hasil perhitungan hasil belajar siswa, diperoleh rata-rata skor siswa pada kelas eksperimen lebih tinggi dibandingkan dengan rata-rata skor hasil belajar pada kelas kontrol. Hasil penelitian menujukkan bahwa hasil belajar siswa yang diajarkan dengan strategi pembelajaran kontekstual lebih tinggi daripada hasil belajar siswa yang diajarkan dengan strategi pembelajaran konvensional.

Kata Kunci : Pembelajaran kontekstual, Pembelajaran konvensional, Hasil belajar

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.24114/pelangi.v22i1.2761

Article Metrics

Abstract view : 160 times
PDF - 1 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.