PENGARUH PENGGUNAAN METODE INQUIRY DENGAN METODE EKSPOSITORI TERHADAP HASIL BELAJAR MENERAPKAN DASAR-DASAR GAMBAR TEKNIK
Abstract
Abstrak
Penelitian ini merupakan penelitian kuasi eksperimen bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode inkuiri dalam meningkatkan hasil belajar mata pelajaran menerapkan dasar-dasar gambar teknik pada kelas X Program Keahlian Teknik Gambar Bangunan di SMK Negeri 1 Lubuk Pakam. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X SMK Negeri 1 Lubuk Pakam TA. 2014/2015, terdiri 2 kelas masing-masing berjumlah 32 orang. Pengambilan sample dengan claster sampling, diperoleh kelas X TGB A sebagai kelas eksperimen dan kelas X TGB B sebagai kelas kontrol. Penelitian ini menggunakan metode inquiry pada kelas eksperimen dan metode ekspositori pada kelas kontrol. Hasil penelitian ditemukan bahwa hasil belajar siswa menggunakan metode inquiry dengan nilai rata-rata 84 sedangkan hasil belajar menggunakan metode ekspositori lebih rendah dengan nilai rata-rata 68. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan, bahwa hasil belajar yang menggunakan metode inquiry lebih tinggi dibandingkan dengan hasil belajar menggunakan metode ekspositori pada mata pelajaran menerapkan dasar-dasar gambar teknik siswa kelas X Program Keahlian Teknik Gambar Bangunan SMK Negeri 1Lubuk Pakam.
Kata Kunci : Metode inquiry, Metode ekspositori, Hasil belajar
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.24114/pelangi.v22i1.2762
Article Metrics
Abstract view : 137 timesPDF - 1 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.