PENINGKATAN KEMAMPUAN MERINGKAS WACANA DENGAN TEKNIK RUMUS 4P DI SD NEGERI 060814 MEDAN
Abstract
Abstrak
Penelitian Tindakan Kelas dilakukan untuk menemukan apakah penerapan pembelajaran meringkas wacana menggunakan teknik rumus 4P (Pantau, Pangkas, Padukan, Panggil) dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Subjek penelitian yaitu 32 siswa kelas V dan 1 orang observer. Pengumpulan data dilakukan dengan: 1) tes meringkas wacana pembelajaran untuk hasil belajar, 2) wawancara pada guru dan siswa tentang teknik pembelajaran meringkas yang diterapkan, dan 3) observasi pada setiap tindakan untuk memperoleh data tentang aktifitas guru dan siswa. Pengolahan data dilakukan dengan analisi deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan : 1) pembelajaran pada siklus pertama secara proses maupun hasil tindakan belum menunjukkan peningkatan hasil belajaran dengan rata-rata (73,34%), 2) pembelajaran pada siklus kedua berdasarkan proses dan hasil belajar meringkas wacana dengan nilai rata-rata (82,84%), dengan criteria ketuntasan minimal ditetapkan sebesar 80%. Hasil temuan disimpulkan bahwa penerapan teknik meringkas dengan rumus 4P dapat meningkatkan kemampuan meringkas wacana dan membuat siswa lebih aktif belajar sendiri. Implikasinya diharapkan guru dapat menerapkan teknik meringkas dengan rumus 4P, tapi penerapannya membutuhkan pengembangan dan inovasi. Para guru seharusnya mencoba menerapakan teknik meringkas dengan rumus 4P untuk materi pengajaran yang lebih mendalam.
Kata kunci : Meringkas wacana, Teknik rumus 4P, Hasil belajar.
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.24114/pelangi.v22i1.2763
Article Metrics
Abstract view : 257 timesPDF - 3 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.