PERBEDAAN HASIL BELAJAR MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN TALKING STICK DANSNOWBALL THROWING PADA MATERI KLASIFIKASIMAKHLUK HIDUP DI KELAS VII SMP NEGERI 11 BINJAI

Penulis

  • Chairuna Najla
  • Uswatun Hasanah

DOI:

https://doi.org/10.24114/jpp.v5i1.10500

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar siswa yang diajar menggunakan model pembelajaran Talking StickdenganSnowball Throwing pada Klasifikasi makhluk hidup di kelas VII SMP Negeri 11 Binjai tahun pembelajaran 2015/2016. Jenis penelitian ini adalah eksperimen semudan rancangan penelitian yang digunakan adalah œOnly Post-testGroup Design.Populasi penelitian yaitu seluruh siswa kelas XI IPA.Sampel penelitian diambil secara random sampling(sampel acak) yang berjumlah 86 orang terdiri dari 2 kelas.  Kelas VII1diajar menggunakan model pembelajaran Talking Stick dan kelasVII2diajar menggunakan model pembelajaran Snowball Throwing.Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar siswa yang diajar menggunakan Talking Stick(63,023 ± 17,29) lebih tinggi dari hasil belajar siswa yang diajar dengan Snowball Throwing(62,093 ± 11,659). Hipotesis menggunakan uji tmenunjukkan bahwa hasil tersebut tidak ada perbedaan pada taraf kepercayaan.Kata Kunci: Hasil Belajar Siswa, Talking Stick, Snowball Throwing

Diterbitkan

2017-03-31

Cara Mengutip

Najla, C., & Hasanah, U. (2017). PERBEDAAN HASIL BELAJAR MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN TALKING STICK DANSNOWBALL THROWING PADA MATERI KLASIFIKASIMAKHLUK HIDUP DI KELAS VII SMP NEGERI 11 BINJAI. Jurnal Pelita Pendidikan, 5(1). https://doi.org/10.24114/jpp.v5i1.10500