PERBEDAAN HASIL BELAJAR MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN TALKING STICK DANSNOWBALL THROWING PADA MATERI KLASIFIKASIMAKHLUK HIDUP DI KELAS VII SMP NEGERI 11 BINJAI
DOI:
https://doi.org/10.24114/jpp.v5i1.10500Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar siswa yang diajar menggunakan model pembelajaran Talking StickdenganSnowball Throwing pada Klasifikasi makhluk hidup di kelas VII SMP Negeri 11 Binjai tahun pembelajaran 2015/2016. Jenis penelitian ini adalah eksperimen semudan rancangan penelitian yang digunakan adalah œOnly Post-testGroup Design.Populasi penelitian yaitu seluruh siswa kelas XI IPA.Sampel penelitian diambil secara random sampling(sampel acak) yang berjumlah 86 orang terdiri dari 2 kelas. Kelas VII1diajar menggunakan model pembelajaran Talking Stick dan kelasVII2diajar menggunakan model pembelajaran Snowball Throwing.Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar siswa yang diajar menggunakan Talking Stick(63,023 ± 17,29) lebih tinggi dari hasil belajar siswa yang diajar dengan Snowball Throwing(62,093 ± 11,659). Hipotesis menggunakan uji tmenunjukkan bahwa hasil tersebut tidak ada perbedaan pada taraf kepercayaan.Kata Kunci: Hasil Belajar Siswa, Talking Stick, Snowball ThrowingUnduhan
Diterbitkan
2017-03-31
Cara Mengutip
Najla, C., & Hasanah, U. (2017). PERBEDAAN HASIL BELAJAR MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN TALKING STICK DANSNOWBALL THROWING PADA MATERI KLASIFIKASIMAKHLUK HIDUP DI KELAS VII SMP NEGERI 11 BINJAI. Jurnal Pelita Pendidikan, 5(1). https://doi.org/10.24114/jpp.v5i1.10500
Terbitan
Bagian
Articles
Lisensi

Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Jurnal Pelita Pendidikan is using CC BY license. This license lets others distribute, remix, tweak, and build upon Pelita Pendidikan's articles (even commercially), as long as they credit the authors for the original creation.
This journal is published under the terms of the Creative Commons Attribution 4.0 International License.