HUBUNGAN KECERDASAN EMOSIONAL DENGAN HASIL BELAJAR BIOLOGI SISWA KELAS X SMA NEGERI 1 SELESAI

Nurul Fahma Hasibuan, Toyo Manurung, Mira Wahyuni

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan Kecerdasan Emosional terhadap hasil belajar biologi siswa kelas X SMA Negeri 1 Selesai  Tahun Pembelajaran 2016/2017. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif korelasional dengan instrumen yang digunakan berupa angket dan nilai DKN. Berdasarkan data yang diperoleh dari nilai angket didapatkan nilai skor tertinggi yaitu 76 dan skor terendah yaitu 44 sebesar 60,62 sedangkan untuk nilai hasil belajar siswa diketahui nilai tertinggi 90 dan nilai terendah 75 sebesar 80,08  4,04. Berdasarkan hasil uji persyaratan data, diketahui angket dengan hasil belajar dinyatakan berdistribusi normal dan memiliki varians yang homogen. Dari hasil pengolahan data terdapat hubungan yang positif dan siginifikan antara Kecerdasan Emosional dengan hasil belajar biologi siswa, dengan hasil uji koefesien korelasi yang diketahui nilai rxy = 0,114 tergolong kategori cukup, dan hasil uji  hipotesis thitung < ttabel (1,08 < 0,207), (Ha) diterima dan (H0) ditolak. Berdasarkan nilai indeks determinasi didapatkan kontribusi Kecerdasan Emosional sebesar 1,3%, yang berarti bahwa tingkat hubungan antara Kecerdasan Emosional dengan hasil belajar siswa sebesar 1,3%.

Kata Kunci: Kecerdasan Emosional, Hasil Belajar Biologi

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.24114/jpp.v5i1.10503

Article Metrics

Abstract view : 149 times
PDF - 118 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License

Jurnal Pelita Pendidikan by Department of Biology Education, Faculty of Mathematics and Science, Universitas Negeri Medan. This journal is published under the terms of the Creative Commons Attribution 4.0 International License. p-ISSN (Print) 2338-3003 | e-ISSN (Online) 2502-3217