PERANCANGAN LEMBAR KEGIATAN PESERTA DIDIK (LKPD) BERBASIS PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING (GUIDED INQUIRY LEARNING) PADA MATERI SISTEM EKSKRESI

Nur Leli, Mariaty Sipayung

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat kelayakan Lembar Kegiatan Peserta Didik (LKPD) berbasis pembelajaran inkuiri terbimbing (guided inquiry learning) pada materi sistem ekskresi berdasarkan penilaian dari ahli materi, ahli pembelajaran, guru dan siswa serta mengetahui kemampuan berfikir kritis dan ketuntasan klasikal belajar siswa di kelas XI MAN 1 Medan T.P 2017/2018. Jenis penelitian yang digunakan yaitu penelitian dan pengembangan (R&D) dengan menggunakan model 4-D. Subjek dalam penelitian ini yaitu 1 dosen ahli materi, 1 dosen ahli pembelajaran, 3 guru Biologi, 20 siswa (uji kelompok kecil) serta 37 siswa (penyebaran lapangan terbatas). Objek dalam penelitian ini adalah materi sistem ekskresi. Instrumen yang digunakan yaitu lembar validasi dan angket. Hasil penilaian oleh ahli materi menunjukkan persentase nilai 91,8% (sangat layak), persentase ahli pembelajaran sebesar 93,75% (sangat layak), persentase respon guru Biologi sebesar 87,56% (sangat layak) dan persentase tangapan peserta didik pada uji kelompok kecil sebesar 76,47% (baik). Hasil persentase rata-rata kemampuan berfikir kritis siswa pada uji lapangan terbatas yaitu 67,33% (cukup baik) dan ketuntasan belajar siswa secara klasikal tercapai dengan persentase 86,11%.

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.24114/jpp.v7i1.10522

Article Metrics

Abstract view : 659 times
PDF - 630 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License

Jurnal Pelita Pendidikan by Department of Biology Education, Faculty of Mathematics and Science, Universitas Negeri Medan. This journal is published under the terms of the Creative Commons Attribution 4.0 International License. p-ISSN (Print) 2338-3003 | e-ISSN (Online) 2502-3217