Efektivitas Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Head Together (NHT) Divariasikan Dengan Model Direct Instruction (DI) Terhadap Hasil dan Aktivitas Belajar Siswa pada Materi Sistem Reproduksi Manusia di Kelas XI IPA SMA Negeri 14 Medan T.P. 2017/2018

Dewi Simanungkalit, Adriana Y.D.L Gaol, Berlian Hutabarat

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together (NHT) divariasikan dengan model pembelajaran Direct Instruction (DI) terhadap hasil daan aktivitas belajar siswa pada materi Sistem Reproduksi di kelas XI IPA SMA Negeri 14 Medan Tahun Pembelajaran 2017/2018. Jenis penelitian ini adalah Eksperimen semu (Quasi Eksperiment), dimana populasi dari penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IPA SMA Negeri 14 Medan yang 183 orang. Teknik pengambilan sampel yang dilakukan adalah random  sampling dimana sampelnya adalah kelas XI IPA 2 yang berjumlah 40 orang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat penguasaan siswa tingkat penguasaan siswa mencapai 80% termasuk kategori tinggi, Ketuntasan belajar siswa mencapai 92,5% termasuk kategori tuntas, Ketercapaian indikator mencapai termasuk kategori tercapai 87,25% termasuk kategori tercapai, dan aktivitas belajar siswa yang mencapai 84,78 termasuk ke dalam kategori aktif. Sehingga dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together (NHT) divariasikan dengan model pembelajaran Direct Instruction (DI) efektif digunakan pada materi sistem reproduksi manusia di kelas XI IPA SMA Negri 14 Medan Tahun Pembelajaran 2017/2018. 


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.24114/jpp.v7i4.10538

Article Metrics

Abstract view : 21 times
PDF - 17 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License

Jurnal Pelita Pendidikan by Department of Biology Education, Faculty of Mathematics and Science, Universitas Negeri Medan. This journal is published under the terms of the Creative Commons Attribution 4.0 International License. p-ISSN (Print) 2338-3003 | e-ISSN (Online) 2502-3217