Efektivitas Model Pembelajaran Treffinger Terhadap Hasil Belajar dan Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa Pada Materi Ekologi

Putri Grasella Simangunsong, Adriana Y.D. Lumban Gaol, M Sahnan

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas model pembelajaran Treffinger terhadap hasil belajar dan kemampuan berpikir kreatif siswa pada materi ekologi. Jenis penelitian ini adalah pra-eksperimen, dimana populasi dari penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X MIA SMA yang berjumlah 124 orang. Teknik pengambilan sampel yang dilakukan adalah random sampling dimana sampelnya adalah kelas X MIA X berjumlah 34 orang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat penguasaan siswa mencapai 80,47 termasuk kategori tinggi, ketuntasan belajar siswa mencapai 91,18 %  termasuk kategori tuntas, ketercapaian indikator mencapai 100% termasuk kategori tercapai, dan kemampuan berpikir kreatif siswa yang mencapai 75,04% termasuk ke dalam kategori kreatif. Sehingga dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Treffinger efektif digunakan pada materi ekologi.

Kata Kunci: Hasil Belajar, Kemampuan Berpikir Kreatif, Model Pembelajaran Treffinger


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.24114/jpp.v6i4.10583

Article Metrics

Abstract view : 651 times
PDF - 745 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License

Jurnal Pelita Pendidikan by Department of Biology Education, Faculty of Mathematics and Science, Universitas Negeri Medan. This journal is published under the terms of the Creative Commons Attribution 4.0 International License. p-ISSN (Print) 2338-3003 | e-ISSN (Online) 2502-3217