Efektivitas Model Pembelajaran Treffinger Terhadap Hasil Belajar dan Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa Pada Materi Ekologi
##plugins.themes.academic_pro.article.main##
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas model pembelajaran Treffinger terhadap hasil belajar dan kemampuan berpikir kreatif siswa pada materi ekologi. Jenis penelitian ini adalah pra-eksperimen, dimana populasi dari penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X MIA SMA yang berjumlah 124 orang. Teknik pengambilan sampel yang dilakukan adalah random sampling dimana sampelnya adalah kelas X MIA X berjumlah 34 orang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat penguasaan siswa mencapai 80,47 termasuk kategori tinggi, ketuntasan belajar siswa mencapai 91,18 % termasuk kategori tuntas, ketercapaian indikator mencapai 100% termasuk kategori tercapai, dan kemampuan berpikir kreatif siswa yang mencapai 75,04% termasuk ke dalam kategori kreatif. Sehingga dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Treffinger efektif digunakan pada materi ekologi.Kata Kunci: Hasil Belajar, Kemampuan Berpikir Kreatif, Model Pembelajaran Treffinger
##plugins.themes.academic_pro.article.details##

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
How to Cite
Simangunsong, P. G., Lumban Gaol, A. Y., & Sahnan, M. (2018). Efektivitas Model Pembelajaran Treffinger Terhadap Hasil Belajar dan Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa Pada Materi Ekologi. Jurnal Pelita Pendidikan, 6(4). https://doi.org/10.24114/jpp.v6i4.10583