Perbedaan Hasil Belajar Siswa yang Diajar Menggunakan Strategi Pembelajaran Aktif Tipe Index Card Match dengan Card Sort pada Materi Sistem Ekskresi Manusia di SMA Negeri 1 Binjai
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar siswa yang diajar menggunakan strategi pembelajaran aktif tipe Index Card Match dengan Card Sort pada materi sistem ekskresi manusia di kelas XI IPA SMA Negeri 1 Binjai Kabupaten Langkat tahun pembelajaran 2015/2016. Jenis penelitian ini adalah eksperimen semu dan rancangan penelitian yang digunakan adalah “Only Post-test Group Design”. Populasi penelitian yaitu seluruh siswa kelas XI IPA. Sampel penelitian diambil secara random sampling (sampel acak) yang berjumlah 86 orang terdiri dari 2 kelas. Kelas XI IPA 3 diajar menggunakan strategi pembelajaran aktif tipe Index Card Match dan kelas XI IPA 2 diajar menggunakan strategi pembelajaran aktif tipe Card Sort. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar siswa yang diajar menggunakan Index Card Match (81,04±9,42) lebih tinggi dari hasil belajar siswa yang diajar dengan Card Sort (75,81±9,99). Hipotesis menggunakan uji t menunjukkan bahwa hasil tersebut berbeda secara signifikan pada taraf kepercayaan .
Kata Kunci: Hasil Belajar Siswa, Index Card Match, Card SortFull Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.24114/jpp.v6i3.10778
Article Metrics
Abstract view : 347 timesPDF - 330 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Jurnal Pelita Pendidikan by Department of Biology Education, Faculty of Mathematics and Science, Universitas Negeri Medan. This journal is published under the terms of the Creative Commons Attribution 4.0 International License. p-ISSN (Print) 2338-3003 | e-ISSN (Online) 2502-3217