PERBEDAAN HASIL BELAJAR DAN AKTIVITAS SISWA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN PREDICT-OBSERVE-EXPLAIN (POE) DAN MODEL DIRECT INSTRUCTION

Jamanat Artinus Banjarnahor, Melva Silitonga

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar dan aktivitas siswa dengan menggunakan model pembelajaran Predict Observe Explain (POE) dan Direct Instruction (DI) pada materi sistem peredaran darah manusia di kelas XI IPA SMA Negeri 14 Medan Tahun Pembelajaran 2017/2018 serta melihat perbedaan pada kedua model tersebut. Jenis penelitian adalah eksperimen semu. Sampel penelitian yaitu kelas XI IPA 4 sebagai kelas POE dan kelas XI IPA 3 sebagai kelas DI. Alat pengumpul data hasil belajar yaitu soal berbentuk pilihan ganda sebanyak 20 soal sedangkan untuk mendapatkan data aktivitas siswa diamati dengan menggunakan lembar observasi. Tes dilakukan diakhir pembelajaran sedangkan aktivitas siswa diamati selama pembelajaran. Data yang diperoleh di analisis dengan uji t. Hasil penelitian  menunjukkan rata-rata hasil belajar siswa pada sistem peredaran darah manusia menggunakan Model pembelajaran Predict Observe Explain (POE) yaitu (76,95±10,83) dan model pembelajaran Direct Instruction (DI) (73,12± 8,50) yaitu berbeda secara signifikan pada taraf α=0,05. Hasil penelitian juga menunjukkan bahwa ada perbedaan antara aktivitas belajar siswa yang dibelajarkan dengan menggunakan model pembelajaran POE dan DI dengan rata rata 70,6 untuk kelas POE dan 50,3 untuk kelas DI. Data analisis menunjukkan bahwa hasil belajar dan aktivitas siswa yang menggunakan model pembelajaran POE lebih baik daripada model DI untuk materi Sistem Peredaran Darah Manusia di kelas XI IPA SMA Negeri 14 Medan T.P 2017/2018.

Kata kunci: Model pembelajaran Predict Observe Explain (POE), model pembelajaran Direct Instruction (DI), hasil belajar, aktifitas siswa

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.24114/jpp.v6i3.10781

Article Metrics

Abstract view : 318 times
PDF - 347 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License

Jurnal Pelita Pendidikan by Department of Biology Education, Faculty of Mathematics and Science, Universitas Negeri Medan. This journal is published under the terms of the Creative Commons Attribution 4.0 International License. p-ISSN (Print) 2338-3003 | e-ISSN (Online) 2502-3217