PERBEDAAN HASIL BELAJAR DAN AKTIVITAS SISWA MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW DENGAN NHT PADA MATERI SISTEM PERNAPASAN MANUSIA
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar dan aktivitas siswa menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw dengan NHT pada materi sistem pernapasan manusia di kelas XI IPA MAN 1 Medan T.P 2017/2018. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu. Sampel dalam penelitian ini terdiri dari 2 kelas yaitu kelas XI IPA2 menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw dan kelas XI IPA4 menggunakan tipe NHT. Hasil analisis data menunjukkan rata-rata hasil belajar menggunakan model Jigsaw sebesar 79,78 dengan SD 8,50 dan hasil belajar model Numbered Head Together (NHT) sebesar 85,52 dengan SD 7,98. Nilai aktivitas siswa pada kelas Jigsaw diperoleh sebesar 84,67 diklasifikasikan dalam kategori baik dengan nilai SD 9,26, sedangkan nilai aktivitas siswa pada kelas NHT diperoleh sebesar 88,29 diklasifikasikan dalam kategori sangat baik dengan SD 7,68. Analisis hasil belajar menggunakan uji-t pada taraf signifikan 0,05, diperoleh thitung > ttabel (3,48 > 1,665) sehingga dalam penelitian ini hipotesis nol (H0) ditolak dan hipotesisi alternative (Ha) diterima, analisis aktivitas siswa dengan menggunakan uji-t pada taraf signifikan 0,05, diperoleh thitung > ttabel (2,13 > 1,665) maka Ha diterima dan H0 ditolak, dengan demikian diperoleh kesimpulan bahwa ada perbedaan hasil belajar dan aktivitas siswa menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw dengan NHT pada materi sistem pernapasan manusia di kelas XI IPA MAN 1 Medan T.P 2017/2018.
Kata kunci : Hasil belajar, aktivitas siswa, Jigsaw, NHT (Numbered Head Together).Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.24114/jpp.v6i3.10782
Article Metrics
Abstract view : 387 timesPDF - 357 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Jurnal Pelita Pendidikan by Department of Biology Education, Faculty of Mathematics and Science, Universitas Negeri Medan. This journal is published under the terms of the Creative Commons Attribution 4.0 International License. p-ISSN (Print) 2338-3003 | e-ISSN (Online) 2502-3217