PROFIL SELF REGULATION MAHASISWA PROGRAM STUDI PENDIDIKAN BIOLOGI DI PROVINSI RIAU
Abstract
ABSTRAK
Self regulationmerupakan kemampuan untuk mengontrol prilaku sendiri, kegiatan ini merupakan salah satu prilaku cerdas dalam menangani suatu permasalahan selain itu juga self regulatioan adalah kontrol terhadap diri sendiri, terutama untuk menjaga diri tetap berada dalam jalur yang sesuai dengan standar yang dikehendaki.Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui profil self regulation mahasiswa Program Studi Pendidikan Biologi di provinsi Riau. Populasi Penelitian ini adalah semua mahasiswa Prodi Pendidikan Biologi yang ada di Provinsi Riau yang terdiri dari 4 Universitas yaitu UNRI, UIR, UNILAK dan UPP sedangkan sampel penelitian ini mahasiswa Prodi Pendidikan Biologi semester 3 dan 5 yang ada di Kota Pekanbaru dengan total sampel sebanyak497 Mahasiswa. Instrument yang digunakan dalam penelitian ini adalah angket yang dikembangkan dari Idris, Sriyati dan Rahmat dengan 5 indikator. Hasil penelitian menunjukkan bahwa self regulationmahasiswa X dalam kategori cukup dengan persentasi sebesar 72.50%, mahasiswa Y sebesar 76.20% dengan kategori cukup dan mahasiswa Z dengan persentase sebesar 74.71% dalam kategori cukup. Dari kelima indikatorself regulation, indikator dengan persentase tertinggi terdapat pada indikator 5 yakni mengevaluasi tindakan dengan persentase sebesar 81.24% dengan kategori baik sedangkan indikator terendah terdapat pada indikator 4 dengan persentase sebesar 66.35% dalam kateogri rendah. Dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa mahasiswa prodi pendidikan biologi dalam kategori cukup dengan persentase sebesar 74.47%.
Kata Kunci: Self regulation, Mahasiswa, Pendidikan BiologiFull Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.24114/jpp.v6i3.10902
Article Metrics
Abstract view : 443 timesPDF - 433 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Jurnal Pelita Pendidikan by Department of Biology Education, Faculty of Mathematics and Science, Universitas Negeri Medan. This journal is published under the terms of the Creative Commons Attribution 4.0 International License. p-ISSN (Print) 2338-3003 | e-ISSN (Online) 2502-3217