HUBUNGAN PERSEPSI TERHADAP PENERAPAN MODEL PBM DENGAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI PERUBAHAN LINGKUNGAN

Subhan Abadi Nasution, Cicik Suriani

Abstract


ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan persepsi siswa terhadap penerapan model Pembelajaran Berbasis Masalah (PBM) dengan hasil belajar siswa pada materi perubahan lingkungan di kelas X di SMA Negeri 1 Stabat Tahun Pembelajaran 2017/2018.Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas X MIA di SMA Negeri 1 Stabat tahun pembelajaran 2017/2018. Sampel penelitian terdiri dari kelas X MIA 5 dan MIA 6 yang berjumlah 72 orang yang diambil dengan menggunakan teknik purposive sampling.Metode penelitian ini adalah deskriptif korelasional, dengan menggunakan angket dan dokumentasi hasil belajar sebagai alat pengumpul data.Berdasarkan hasil uji korelasi Product Moment diperoleh rhitung rtabel( 0,57> 0,235) artinya terdapat korelasi yang positif antara persepsi siswa terhadap penerapan model Pembelajaran Berbasis Masalah (PBM) dengan hasil belajar dan termasuk kedalam kategori sedang. Hasil uji determinasi sebesar 32,49 % menunjukkan bahwa persepsi siswa terhadap model Pembelajaran Berbasis Masalah pada materi Perubahan Lingkungan memberikan konstribusi sebesar 32,49% terhadap hasil belajar siswa. Pengujian hipotesis dengan menggunakan uji t diperoleh  thitung ttabel atau 8,62 > 1,994. Dengan demikian H0 ditolak dan Ha diterima. Sehingga dapat disimpulkan bahwa ada hubungan yang signifikan antara persepsi siswa terhadap penerapan model Pembelajaran Berbasis Masalah (PBM) pada materi Perubahan Lingkungan dengan hasil belajar siswa pada materi perubahan lingkungan di kelas X di SMA Negeri 1 Stabat Tahun Pembelajaran 2017/2018.

 

Kata kunci :Persepsi Siswa, Model Pembelajaran Berbasis Masalah, Hasil Belajar siswa

 

ABSTRACT

This research aims to determine relations between students’ perception about Problem Based Learning in environmental change subject matter with students learning of class X SMA Negeri 1 Stabat Academic Year 2017/2018. The population in this study were all students of class X MIA in SMA Negeri 1 Stabat. The total number of samples is 72 students. Samples were taken by purposive technique sampling. The research method used in this research is descriptive correlative, using questionnaires and documentation as data collection tools. For data analysis technique, using the formula product moment correlation coefficient values obtained correlation rcuount rtable( 0,57> 0,235) it means that there is a positive and significant correlation between students' perception of Problem Based Learning model with student learning. Determination index 32,49%, it means students’ perception contributed 32,49 % of the student learning. Testing the hypothesis using a statistical test t obtained tcount  > t table or 8,62> 1,994. Thus H0 is rejected and Ha accepted. It can be concluded that there is a significant correlation between students' perception for Problem Based Learning model on change of the environment subject matter with student learning class X SMA Negeri 1 Stabat Academic Year 2017/2018.

Keywords: student’ perception,  problem based learning model, student learning.


Full Text:

PDF

References


Abdurrazak, Rizal, Asep Kurnia Jayadinata, Isrok ‘atun, 2016, Pengaruh Model Problem Based Learning Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa, Jurnal Pena Ilmiah 1 (1).

Al- Tabany, Trianto,I,B, (2014), Mendesain Model Pembelajaran Inovatif, Progresif, Dan Kontekstual, Jakarta. Prenada media Group.

Arikunto, Suharsimi, (2013), Dasar - Dasar Evaluasi Pendidikan, Jakarta, Bumi Aksara.

Gani, Abdul, (2015), Pengaruh Model Pembelajaran Dan Persepsi Tentang Matematika Terhadap Minat Dan Hasil Belajar Matematika Siswa SMP Negeri Di Kecamatan Salomekko Kabupaten Bone, Jurnal Daya matematis, 3 (3).

Hadijah, Sitti, (2014). PeningkatanMotivasi, Aktivitas, Dan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Ekosistem Melalui Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Kelas VII f Smp Negeri 3 Palopo, 1(1)

Hastuti, Dwi Reni, Dian Noviar. Pengaruh Model Problem Based Learning (PBL) Berbasis Scientific Approach terhadap Hasil Belajar Biologi Siswa Kelas X di SMAN 2 Banguntapan T.A. 2014/2015. Bioedukasi 8 (2).

Pramitasari, Amelia, Yeniar Indriana, Jati Ariati. (2011). Hubungan Antara Persepsi Terhadap Metode Pembelajaran Kontekstual Dengan Motivasi Belajar Biologi Siswa Kelas X Ipa SMAN 1 Pangkalan Kerinci, Riau. Jurnal Psikologi Undip 9 (1).

Sulastri, Imran, dan Arif Firmansyah, (2014), Meningkatka nHasil Belajar Siswa Melalui Strategi Pembelajaran Berbasis Masalah Pada Mata Pelajaran IPS Di Kelas V SDN 2 Limbo Makmur KecamatanBumi Raya. Jurnal Kreatif Tadulako Online 3 (1).

Utomo, Tomi, Dwi Wahyuni, Slamet Hariyadi, 2014, Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Masalah (Problem Based Learning) Terhadap Pemahaman Konsep dan Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa (Siswa Kelas VIII Semester Gasal SMPN 1 Sumbermalang Kabupaten Situbondo Tahun Ajaran 2012/2013). JURNAL EDUKASI UNEJ 2014, I (1): 5-9.




DOI: https://doi.org/10.24114/jpp.v6i4.11094

Article Metrics

Abstract view : 509 times
PDF - 328 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License

Jurnal Pelita Pendidikan by Department of Biology Education, Faculty of Mathematics and Science, Universitas Negeri Medan. This journal is published under the terms of the Creative Commons Attribution 4.0 International License. p-ISSN (Print) 2338-3003 | e-ISSN (Online) 2502-3217