Analisis Keterampilan Metakognitif Siswa pada Pembelajaran Saintifik Materi Keanekaragaman Hayati

Penulis

  • Fanindria Agati Universitas Negeri Medan
  • Hasruddin Hasruddin
  • Ikhwan Hasibuan

DOI:

https://doi.org/10.24114/jpp.v7i1.11152

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keterampilan metakognitif siswa pada pembelajaran saintifik  di kelas X SMA Negeri 1 Labuhan Deli T.P 2018/2019. Populasi dari penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X MIA T.P 2018/2019 di SMA Negeri 1 Labuhan Deli yang terdiri dari 4 kelas. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 1 kelas (36 siswa) yang diambil secara acak. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui angket, soal dan lembar observasi yang ditujukan pada siswa dan wawancara kepada guru bidang studi biologi. Hasil analisis data yang diperoleh adalah persentase keterampilan metakognitif siswa berdasarkan hasil angket adalah 72% dalam kriteria tinggi, berdasarkan hasil essay test sebesar 55.6% berada pada kriteria sedang dan persentase rata-rata hasil observasi pembelajaran saintifik terhadap siswa sebesar 57% berada pada tingkatan kriteria sedang. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh nilai r= 0.83 dengan pengujian hipotesis menggunakan uji t dengan hasil t hitung > t tabel=15.61 > 2.028 berarti H0 ditolak dan Ha diterima sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan keterampilan metakognitif dengan pembelajaran saintifik. 

Biografi Penulis

Fanindria Agati, Universitas Negeri Medan

Biology Education

Diterbitkan

2019-07-07

Cara Mengutip

Agati, F., Hasruddin, H., & Hasibuan, I. (2019). Analisis Keterampilan Metakognitif Siswa pada Pembelajaran Saintifik Materi Keanekaragaman Hayati. Jurnal Pelita Pendidikan, 7(1). https://doi.org/10.24114/jpp.v7i1.11152