PENGARUH INKUIRI TERBIMBING (GUIDED INQUIRY) TERHADAP KETERAMPILAN PROSES SAINS DASAR PESERTA DIDIK PADA MATERI SISTEM EKSKRESI MANUSIA

Egi Nuryadin, Delinda Delinda

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran inkuiri terbimbing (guided inquiry) terhadap keterampilan proses sains dasar peserta didik pada materi sistem ekskresi manusia di SMP Negeri 6 Kota Tasikmalaya. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Oktober 2017 sampai dengan bulan Agustus 2018 di SMP Negeri 6 Kota Tasikmalaya. Metode penelitian yang digunakan adalah metode true-experimental. Populasi pada penelitian ini adalah kelas VIII SMP Negeri 6 Tasikmalaya sebanyak 12 kelas dengan jumlah 391 peserta didik. Sampel diambil dengan mengunakan teknik cluster random sampling sebanyak 2 kelas yaitu kelas VIII B sebagai kelas kontrol dan kelas VIII E sebagai kelas eskperimen. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes keterampilan proses sains dasar pada materi sistem ekskresi pada manusia berupa soal uraian sebanyak 20 butir soal. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji t dengan taraf signifikan (αTeknik analisis data yang digunakan adalah uji t dengan taraf signifikan (α) = 5%. Berdasarkan hasil penelitian, pengolahan dan pengujian hipotesis diperoleh simpulan bahwa ada pengaruh model pembelajaran inkuiri terbimbing (guided inquiry) terhadap keterampilan proses sains dasar peserta didik pada materi sistem ekskresi manusia di SMP Negeri 6 Kota Tasikmalaya.


Full Text:

PDF

References


Abidin, Yunus. (2014). “Desain Sistem Pembelajaran dalam Konteks Kurikulum 2013”. Bandung: Refika Aditama.

Anam, Khoirul. (2016). “Pembelajaran Berbasis Inkuiri Metode dan Aplikasi”. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Arikunto, Suharsimi. (2013). “Prosedur Penelitian”. Jakarta: Rineka Cipta.

Cambell, Neil A. et.al., (2004). “Biologi”. Jakarta: Erlangga.

Dewi, Shinta. (2009). “Keterampilan Proses Sains”. Bogor: CV Regina.

Fatturohman, Muhammad. (2015). “Model-model Pembelajaran Inovatif”. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Hernawan, Edi. (2014). “Pengantar Statistika Parametrik untuk Pelitian Pendidikan”. Tasikmalaya:LPPM Universitas Siliwangi.

Marjan, J., Arnyana, I. B. P., Si, M., Setiawan, I. G. A. N., & Si, M. (2014). Pengaruh Pembelajaran Pendekatan Saintifik terhadap Hasil Belajar Biologi dan Keterampilan Proses Sains Siswa MA. Mu allimat NW Pancor Selong Kabupaten Lombok Timur Nusa Tenggara Barat. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia,4(1).

Pearce, Evelyn C. (2012). “ Anatomi dan Fisiologi untuk Paramedis”. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama.

Rahadia, Putri. “Sistem Ekskresi pada Manusia.” [Online]. Tersedia: https://3an2ro.files.wordpress.com/2009/06/sistem-ekskresi-pada-manusia.pdf [di akses 22 Desember 2017].

Rizal, Muhammad. “Pengaruh Pembelajaran Inkuiri Terbimbing dengan Multi Representasi terhadap Keterampilan Proses Sains dan Penguasaan Konsep IPA Siswa SMP”. [Online]. Tersedia: https://media.neliti.com/media/publications/122359-ID-none.pdf [di akses 13 Oktober 2017].

Royen. (2016). “Mengenal Bagian Sistem Ekskresi pada Manusia”. [Online]. Tersedia: http://www.eventzero.org/sistem-ekskresi-manusia/ [di akses 8 Juni 2018].

Rustaman, Nuryani. “Modul 1 Bekerja Ilmiah”. [Online]. Tersedia: http://repository.ut.ac.id/4181/1/PDGK4503-M1.pdf [di akses 20 Desember 2017].

Ruseffendi. (2010). “Dasar-dasar Penelitian Pendidikan dan Bidang Eksakta Lainnya”. Bandung: PT Tarsito Bandung

Sani, Ridwan Abdulan. (2015). “Inovasi Pembelajaran”. Jakarta: Bumi Aksara.

Sani, Ridwan Abdulan. (2015). “Pembelajaran Saintifik untuk Implementasi Kurikulum”. Jakarta: Bumi Aksara.

Slameto. (2015). “Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya”. Jakarta: Rineka Cipta.

Sloane, Ethel. (2003). “Anatomi dan Fisiologi untuk Pemula”. Jakarta: ECG.

Shoimin, Aris. (2014). “68 Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013”. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Tawil, M dan Liliasari. (2014). “Keterampilan-Keterampilan Sains dan Implementasinya dalam Pembelajaran IPA”. Makasar: Badan Penerbit UNM.

Tim Penyusun. (2017). “Pedoman Penulisan Skripsi”. Tasikmalaya: Universitas Siliwangi.

Wibowo, Daniel S dan Widjaya Paryana. (2007). “Anatomi Tubuh Manusia”. Bandung: Graha Ilmu.




DOI: https://doi.org/10.24114/jpp.v6i4.11168

Article Metrics

Abstract view : 391 times
PDF - 506 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License

Jurnal Pelita Pendidikan by Department of Biology Education, Faculty of Mathematics and Science, Universitas Negeri Medan. This journal is published under the terms of the Creative Commons Attribution 4.0 International License. p-ISSN (Print) 2338-3003 | e-ISSN (Online) 2502-3217