ANALISIS PELAKSANAAN PRAKTIKUM PADA MATA PELAJARAN BIOLOGI DI SMA NEGERI 1 TEBING TINGGI PADASEMESTER GENAP T.P 2017/2018
DOI:
https://doi.org/10.24114/jpp.v7i4.11235Abstrak
Pelaksanaan praktikum merupakan kegiatan yang penting dilakukan khususnya pada pembelajaran biologi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pelaksanaan praktikum biologi, keadaan laboratorium, dan kendala yang dialami pada pelaksanaan kegiatan praktikum Biologi di SMA Negeri 1 Tebing Tinggi pada Semester Genap T.P 2017/2018. Sampel yang digunakan adalah kelas X MIA dan XI MIA yang berjumlah 143 siswa, dan 2 orang guru yang diambil secara random sampling. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif. Data yang diperlukan diperoleh melalui angket, observasi dan wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa minat siswa terhadap praktikum yang sangat baik (89%), keadaan laboratorium tergolong baik (78%), waktu praktikum yang tergolong baik (64%), persiapan dan pelaksanaan praktikum baik (76%), laporan dan evaluasi praktikum tergolong baik (73%), dan kesehatan dan keselamatan kerja sangat baik (92%). Sedangkan frekuensi pelaksanaan praktikum biologi masih tergolong kurang baik dengan persentase 50% untuk kelas X dan 60% untuk kelas XI. Adapun sarana laboratorium biologi yang diperlukan sudah tersedia dengan sebagian besar dalam kondisi yang baik. Kendala dalam pelaksanaan praktikum adalah kurangnya inisiatif guru dalam pemanfaatan sarana laboratorium yang telah ada dan banyak mikroskop yang ditemukan tidak dalam kondisi yang baik (berjamur).Kata Kunci: Biologi, Praktikum, Laboratorium Biologi, Kendala PraktikumUnduhan
Diterbitkan
2020-03-17
Cara Mengutip
Kimura, D. C. A. (2020). ANALISIS PELAKSANAAN PRAKTIKUM PADA MATA PELAJARAN BIOLOGI DI SMA NEGERI 1 TEBING TINGGI PADASEMESTER GENAP T.P 2017/2018. Jurnal Pelita Pendidikan, 7(4). https://doi.org/10.24114/jpp.v7i4.11235
Terbitan
Bagian
Articles
Lisensi

Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Jurnal Pelita Pendidikan is using CC BY license. This license lets others distribute, remix, tweak, and build upon Pelita Pendidikan's articles (even commercially), as long as they credit the authors for the original creation.
This journal is published under the terms of the Creative Commons Attribution 4.0 International License.