ANALISIS SIKAP ILMIAH MAHASISWA PENDIDIKAN BIOLOGI PADA PERKULIAHAN ANATOMI TUMBUHAN DI UNIVERSITAS NEGERI MEDAN ANGKATAN 2016
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sikap ilmiah mahasiswa Pendidikan Biologi meliputi sikap rasa ingin tahu, berpikiran terbuka dan kerjasama, sikap ketelitian, berpikir kritis, respek terhadap fakta/data, dan peka terhadap lingkungan pada mata kuliah Anatomi Tumbuhan dan untuk mengetahui perbedaan sikap ilmiah mahasiswa dari masing-masing kelas yang diteliti pada mahasiswa Pendidikan Biologi angkatan 2016. Desain penelitian yang digunakan yaitu deskriptif kuantitatif. Sampel diambil secara Random Sampling. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan angket mahasiswa. Hasil analisis menunjukkan bahwa sikap ilmiah mahasiswa Pendidikan Biologi angkatan 2016 sebesar 77,78% dengan kategori baik. Indikator sikap ilmiah mahasiswa yang memiliki persentase tertinggi adalah peka terhadap lingkungan dengan kategori sangat baik. Sementara perbedaan sikap ilmiah mahasiswa pada masing-masing kelas Pendidikan Biologi dengan indikator sikap rasa ingin tahu sebesar 79,16% dimiliki oleh kelas Pendidikan Biologi Ekstensi A, indikator sikap respek terhadap data/fakta sebesar 83,48% dimiki oleh kelas Pendidikan Biologi C, indikator sikap berpikir kritis sebesar 80,72% dimiliki oleh kelas Pendidikan Biologi C, indikator sikap berpikiran terbuka dan kerjasama sebesar 83,98% dimiliki oleh kelas Pendidikan Biologi Ekstensi A, indikator sikap ketelitian sebesar 88,54% dimiliki oleh kelas Pendidikan Biologi A, dan indikator sikap peka terhadap lingkungan sebesar 88,70% dimiliki oleh kelas Pendidikan Biologi Ekstensi A. Secara umum sikap peka terhadap lingkungan sangat baik dibandingkan dengan sikap ilmiah lainnya yang perlu ditingkatkan.
Kata Kunci: Sikap ilmiah, Analisis sikap ilmiah, Perkuliahan Anatomi TumbuhanFull Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.24114/jpp.v7i3.11240
Article Metrics
Abstract view : 391 timesPDF - 424 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Jurnal Pelita Pendidikan by Department of Biology Education, Faculty of Mathematics and Science, Universitas Negeri Medan. This journal is published under the terms of the Creative Commons Attribution 4.0 International License. p-ISSN (Print) 2338-3003 | e-ISSN (Online) 2502-3217