FAKTOR-FAKTOR KESULITAN BELAJAR SISWA PADA MATERI INVERTEBRATA DI KELAS X IPA SMA NEGERI 3 RANTAU UTARA

Rahmadani Putri, Mhd. Yusuf Nasution

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kesulitan belajar siswa pada materi invertebrata di kelas X IPA SMA Negeri 3 Rantau Utara tahun pembelajaran 2017/2018 dari aspek kognitif, indikator pembelajaran, dan faktor penyebab kesulitan belajar siswa. Metode yang dilakukan dalam penelitian ini yaitu deskriptif kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X IPA SMA Negeri 3 Rantau Utara tahun pembelajaran 2017/2018. Sampel penelitian diambil secara total sampling. Instrument penelitian ini dengan menggunakan soal tes dan angket. Hasil penelitian menunjukkan siswa mengalami kesulitan belajar dalam materi invertebrata pada aspek kognitif C1 (43%) termasuk kategori tinggi, C2 (36,96%) termasuk kategori tinggi, C3 (31,16%) termasuk kategori sedang, C4 (55,37%) termasuk kategori sangat tinggi, C5 (47,11%) termasuk kategori sangat tinggi dan C6 (36,23%) termasuk kategori tinggi. Pada indikator pembelajaran ke-1 siswa mengalami kesulitan belajar (40,22%) termasuk kategori tinggi, indikator pembelajaran ke-2 (55,56%) termasuk kategori sangat tinggi, indikator pembelajaran ke-3 (38,89%) termasuk kategori tinggi, indikator pembelajaran ke-4 (23,19%) termasuk kategori sedang dan indikator pembelajaran ke-5 (46,09%) termasuk kategori sangat tinggi. Faktor yang cukup berpengaruh dalam kesulitan belajar oleh siswa kelas X IPA SMA Negeri 3 Rantau Utara tahun pembelajaran 2017/2018 adalah minat, motivasi, dan materi pelajaran. Faktor lain seperti intelegensi, orangtua (keluarga), kondisi kelas, sekolah dan lingkungan di luar keluarga berada dalam kategori lemah pengaruhnya terhadap kesulitan belajar. Faktor kesehatan dan guru berada dalam kategori sangat lemah pengaruhnya terhadap kesulitan belajar.

Kata-kata Kunci: Kesulitan belajar, kognitif, indikator pembelajaran, invertebrata,  faktor kesulitan belajar

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.24114/jpp.v8i1.11246

Article Metrics

Abstract view : 497 times
PDF - 432 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License

Jurnal Pelita Pendidikan by Department of Biology Education, Faculty of Mathematics and Science, Universitas Negeri Medan. This journal is published under the terms of the Creative Commons Attribution 4.0 International License. p-ISSN (Print) 2338-3003 | e-ISSN (Online) 2502-3217