PERBEDAAN HASIL BELAJAR SISWA MENGGUNAKAN MODEL DISCOVERY LEARNING DAN PROBLEM BASED LEARNING PADA MATERI POKOK SISTEM PERNAPASAN MANUSIA

Era Wira Gultom, Binari Manurung, D Daryanti

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar siswa yang diajarkan dengan model pembelajaran Discovery Learning dan Problem Based Learning pada materi sistem pernapasan manusia di kelas XI IPA SMA Negeri 11 Medan T.P. 2017/2018. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen. Populasi penelitian terdiri dari 61 orang dan teknik pengambilan sampel dengan cara random sampling, dimana kelas XI IPA 2 (kelas DL) sebanyak 31 orang, dan kelas XI IPA 3 (kelas PBL) sebanyak 30 orang. Alat yang digunakan dalam pengumpulan data berupa tes yang berbentuk soal pilihan berganda terdiri dari 20 butir soal. Berdasarkan analisis data bahwa nilai rata-rata hasil belajar model pembelajaran model Discovery Learning sebesar 39,35 dengan SD 10,37 dan hasil belajar model STAD sebesar 33,5 dengan SD 9,69 Hasil pengujian hipotesis dengan menggunakan uji-t pada taraf signifikan 0.05, dapat disimpulkan ada perbedaan hasil belajar siswa dengan menggunakan pembelajaran model Discovery Learning dan Problem Based Learning pada materi sistem pernapasan manusia di kelas XI IPA SMA Negeri 11 Medan T.P. 2017/2018.

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.24114/jpp.v8i1.11253

Article Metrics

Abstract view : 416 times
PDF - 422 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License

Jurnal Pelita Pendidikan by Department of Biology Education, Faculty of Mathematics and Science, Universitas Negeri Medan. This journal is published under the terms of the Creative Commons Attribution 4.0 International License. p-ISSN (Print) 2338-3003 | e-ISSN (Online) 2502-3217