UPAYA MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERBASIS PROYEK DAN HASIL BELAJAR IPA DENGAN MENERAPAKAN MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING (PJBL) MATERI REPRODUKSI TUMBUHAN DI KELAS IX SMP NEGERI 1 STABAT

Supriyadi Supriyadi

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah: 1) Untuk mengetahui peningkatan keterampilan berbasis proyek siswa setelah penerapan model pembelajaran Project Based Learning (PjBL) di IX-A SMP Negeri 1 Stabat Kab. Langkat T.P. 2017/2018; 2) Untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa setelah penerapan model pembelajaran Project Based Learning (PjBL) di kelas IX-A SMP Negeri 1 Stabat Kab. Langkat T.P. 2017/2018. Penelitian ini dilaksanakan dalam kelas meliputi kegiatan pelaksanaan tindakan kelas (PTK) berupa kegiatan refleksi awal dan melakukan observasi untuk mengidentifikasi permasalahan yang terjadi di kelas, perencanaan pembelajaran, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Adapun temuan penelitian PTK ini adalah 1) Pada siklus I dari 5 kelompok pada siklus I keterampilan berbasis proyek semua kelompok memperoleh kategori cukup, dari hasil observasi ditemukan kualitas proyek yang direncanakan masuk kategori cukup, untuk aspek Keakuratan data, Kuantitas dan kualitas data dan Analisis data juga kategori cukup. Pada siklus II diperoleh 5 kelompok pada siklus II keterampilan berbasis proyek semua kelompok memperoleh kategori Sangat baik; 2) Pada siklus I dari 38 orang siswa diperoleh 27 orang yang tuntas dengan 71,1% dan 11 orang yang tidak tuntas dengan 28,9%, dan pada siklus II dari 38 orang siswa diperoleh 35 orang yang tuntas dengan 92,1% dan 3 orang yang tidak tuntas dengan 7,8%.

Kata Kunci: Model, Project Based Learning (PjBL)


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.24114/jpp.v6i4.11692

Article Metrics

Abstract view : 693 times
PDF - 540 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License

Jurnal Pelita Pendidikan by Department of Biology Education, Faculty of Mathematics and Science, Universitas Negeri Medan. This journal is published under the terms of the Creative Commons Attribution 4.0 International License. p-ISSN (Print) 2338-3003 | e-ISSN (Online) 2502-3217