PENINGKATAN KEMAMPUAN LITERASI SAINS DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA POKOK BAHASAN LINGKUNGAN DENGAN MENERAPKAN PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING DI KELAS VII SMP NEGERI 2 BINJAI

Nurhayati Nurhayati

Abstract


Tujuan penelitian ini meningkatkan keterampilan literasi sains dan hasil belajar siswa pada materi pencemaran lingkungan dengan Model Pembelajaran Discovery Learning di kelas VII SMP Negeri 2 Binjai. Desain Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas menggunakan model penelitian kemmis dan taggart, yaitu berbentuk spiral dari siklusyang satu ke siklus yang berikutnya. Setiap siklus meliputi planing (rencana), action (tindakan), observation (Pengamatan), dan reflektion (refleksi). Adapun hasil penelitian ini adalah: 1) Pada Siklus I penerapan model pembelajaran Discovery learning memperoleh hasil belajar siswa dari 26 orang siswa diperoleh 18 orang yang tuntas dengan 69,2% dan 8 orang yang tidak tuntas dengan 30,8%. Observasi keterampilan literasi sains penerapan model pembelajaran Discovery learning, diperoleh dari 26 siswa yang ada di kelas VII SMP Negeri 2 Binjai Kab. Langkat, sebanyak 11 orang siswa keterampilan literasi sainsnya  dikategorikan Baik, dan 11 orang siswa keterampilan literasi sainsnya  dikategorikan Cukup, dan 4 orang siswa keterampilan literasi sainsnya  dikategorikan Kurang; 2) Pada Siklus II diperoleh hasil belajar dari ari 26 orang siswa diperoleh 23 orang yang tuntas dengan 88,5% dan 3 orang yang tidak tuntas dengan 11,5%. hasil observasi keterampilan literasi sains penerapan model pembelajaran Discovery learning, diperoleh dari 26 siswa yang ada di kelas VII SMP Negeri 2 Binjai Kab. Langkat, sebanyak 21 orang siswa keterampilan literasi sainsnya  dikategorikan Baik, dan 5 orang siswa keterampilan literasi sainsnya  dikategorikan Cukup. Dapat ditarik kesimpulan bahwa penerapan model pembelajaran Discovery learning dapat meningkatkan hasil belajar siswa dan keterampilan literasi sains siswa Kelas VII-1 SMP Negeri 2 Binjai Kab. Langkat TP. 2017/2018.

Kata Kunci: Model Pembelajaran, Discovery Learning,  IPA


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.24114/jpp.v6i4.11694

Article Metrics

Abstract view : 630 times
PDF - 555 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License

Jurnal Pelita Pendidikan by Department of Biology Education, Faculty of Mathematics and Science, Universitas Negeri Medan. This journal is published under the terms of the Creative Commons Attribution 4.0 International License. p-ISSN (Print) 2338-3003 | e-ISSN (Online) 2502-3217