PERBANDINGAN KETERAMPILAN PROSES SAINS SISWA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) DAN PROJECT BASED LEARNING (PJBL) PADA MATERI KEANEKARAGAMAN HAYATI

Indah Pratiwi, Ahmad Shafwan S. Pulungan, D Dumasari

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbandingan keterampilan proses sains siswa yang diajarkan dengan Problem Based Learning (PBL) dan Project Based Learning (PjBL) pada materi keanekaragaman hayati di kelas X SMA Negeri 3 Kisaran T.P 2018/2019. Populasi penelitian adalah siswa kelas X IPA SMA Negeri 3 Kisaran Tahun Pembelajaran 2018/2019. Sampel penelitian adalah siswa kelas X IPA 1 dan X IPA 2 yang ditentukan dengan teknik random sampling. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu dengan rancangan pretest-posttest group design. Data dikumpulkan dengan menggunakan tes keterampilan proses sains dan lembar observasi. Data kemudian dianalisis dengan uji-t pada taraf signifikansi 0,05. Berdasarkan analisis data diperoleh thitung>ttabel (4,81>2,01) yang artinya terdapat perbedaan signifikan keterampilan proses sains siswa kelas X SMA Negeri 3 Kisaran Tahun Pembelajaran 2018/2019 yang diajarkan dengan Problem Based Learning (PBL) dan Project Based Learning (PjBL). Hasil analisis tes keterampilan proses sains menunjukan rata-rata nilai keterampilan proses sains siswa yang diajarkan dengan model pembelajaran PBL mencapai 82,5 berkriteria sangat terampil sedangkan rata-rata nilai keterampilan proses sains siswa kelas PjBL mencapai 70,57 berkriteria terampil.

Kata Kunci : Problem Based Learning, Project Based Learning, Keterampilan Proses Sains


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.24114/jpp.v8i1.12105

Article Metrics

Abstract view : 634 times
PDF - 575 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License

Jurnal Pelita Pendidikan by Department of Biology Education, Faculty of Mathematics and Science, Universitas Negeri Medan. This journal is published under the terms of the Creative Commons Attribution 4.0 International License. p-ISSN (Print) 2338-3003 | e-ISSN (Online) 2502-3217